Sukses

Parenting

Ini Alasan Terapi Alergi Kacang Perlu Dilakukan Sejak Dini

Terapi alergi kacang akan lebih berhasil jika dilakukan sedini mungkin sejak anak-anak, meski anak masih berumur sembilan bulan. Sebelum program alergi tubuhnya terbentuk sempurna, dikutip dari studi ilimiah. Terapi yang disebut imunoterapi oral ini juga dikenal dengan sebutan terapi paparan.

Pada terapi ini, anak akan dipaparkan sedikit sari kacang sebagai alergen. Bertahap, jumlah paparan akan ditingkatkan sambil meningkatkan daya tahan terhadap alergen. "Jika Anda alergi kacang, pengobatan dini akan memberi manfaat jangka panjang bahkan setelah menghentikan pengobatan," kata pemimpin studi Dr Wesley Burks, ahli a alergi pediatrik di University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine.

Studi ini melibatkan   37 anak-anak antara 9 sampai 36 bulan. Mereka diapaparkan   kacang, baik dosis rendah maupun tinggi setiap hari selama sekitar 29 bulan. Kemudian, semua anak-anak tidak diberi kacang selama satu bulan setelah perawatan. Setelah itu, protein kacang diperkenalkan kembali. Hasilnya, hampir 80 persen dari bayi dan balita yang menjalani kedua dosis pengobatan, bisa makan makanan yang mengandung kacang   tanpa reaksi alergi, kata Burks.

"Setelah penelitian, kami masih terus mengikuti perkembangan mereka dan hasilnya tetap baik," katanya. Periode tindak lanjut memakan waktu dua tahun, dan manfaat yang diberikan terbukti tahan lama. Burks juga membandingkan 37 anak di atas dengan 154 anak lainnya yang juga alergi kacang, dan menemukan anak yang mendapat terapi pemaparan sebanyak 19 kali lebih mungkin untuk bisa makan kacang tanpa masalah di kemudian hari.

Mengobati anak-anak sejak dini   juga dapat menghindarkan mereka dari gejala penyakit lambung, kata Burks. Sementara anak-anak yang lebih tua yang berusia lima   sampai tujuh tahun sering mengeluh masalah perut selama terapi paparan dan harus drop out dari terapi.

Burks menekankan bahwa terapi paparan bukan bertujuan agar anak-anak bisa makan kacang seenaknya,   tapi agar anak-anak dapat menghindari reaksi yang mengancam jiwa jika mereka tidak sadar makan makanan mengandung kacang.

Biasanya, tujuan inilah yang diinginkan oleh orang tua dengan anak alergi kacang. Ada satu peringatan penting: Orang tua jangan pernah mencoba terapi pemaparan sendiri, kata Burks.

"Itu bukan sesuatu yang dapat dilakukan orangtua di rumah dengan selamat," katanya. "Jika mereka melakukannya mereka bisa mendapat   risiko reaksi alergi yang serius." Studi ini dipublikasikan secara online pada 10 Agustus di Journal of Allergy and Clinical Immunology.

Sumber: meetdoctor

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading