Sukses

Parenting

Mengatasi 'Gigit-Gigit Kuku' Pada Anak

Jika Anda memiliki anak kecil, pasti ada dari mereka yang memiliki kebiasaan buruk, yaitu gigit-gigit kuku. Para ahli mengatakan, menggigit kuku adalah cara anak untuk merasa nyaman. Entah ketika mereka nervous atau sedang tidak nyaman, kukulah yang menjadi sasaran. Kebiasaan ini jelas tidak baik untuk si anak, kuku yang mereka gigit pasti sudah menjadi sarang kuman. Dilansir dari boldsky.com, kami punya tips untuk mengatasi kebiasaan 'gigit-gigit kuku' pada anak.

Memotong kuku
Pastikan Anda memotong kuku anak Anda secara teratur. Jangan tunggu panjang supaya si kecil tidak punya kesempatan untuk gigit-gigit kukunya lagi.

Gunakan pewarna kuku
Gunakan pewarna kuku saat mereka sedang liburan. Dengan kuku yang berwarna-warni, akan membuat mereka sayang untuk menggigiti kukunya.

Menggunakan sarung tangan
Pakaikan sarung tangan pada anak Anda. Ini merupakan salah satu cara tepat untuk mengurangi kebiasaan buruk mereka.

Menggunakan garam
Sesuatu yang berasa asin bisa membuat anak Anda mengurangi kebiasaan menggigit kuku. Rendam tangan anak Anda di larutan air garam supaya kebiasaan gigit-gigit kuku berkurang.

Biarkan si anak sibuk
Isi waktu mereka dengan berbagai kesibukan Ladies, contohnya saja menggambar. Dengan begitu perhatian mereka akan teralihkan.

Menggunakan bubuk cabe
Seperti menggunakan cairan garam, menggunakan bubuk cabe adalah salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan gigit-gigit kuku pada anak. Tapi Anda harus ekstra hati-hati kalau menggunakan cara ini Ladies, takutnya bubuk cabe bisa masuk ke mata si kecil.

Menggunakan minyak
Anda bisa menggunakan minyak telon, minyak kayu putih, atau minyak goreng pada jari anak Anda.

Jus pahit
Anda juga bisa menggunakan jus pahit untuk tangan anak Anda. Dengan begitu, ketika mereka memasukkan tangan mereka ke mulut, mereka akan dengan cepat melepaskan tangan keluar dari mulut mereka.

Meningkatkan kesadaran
Sebaga orang tua yang baik, Anda juga perlu meningkatkan kesadaran si kecil untuk mengurangi kebiasaan gigit-gigit kuku. Ajarkan pada mereka bahwa gigit-gigit kuku adalah kebiasaan buruk dan tidak ada orang yang menyukainya.

Mengatasi kebiasaan secara bertahap
Tidak muda melepaskan suatu kebiasaan. Jangankan pada anak kecil, orang dewasa pun kadang juga susah untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka. Jelaskan apa saja kerugian dari menggigiti kuku, dengan begitu perlahan mereka akan menghilangkan kebiasaan mereka.

Mengetahui alasan
Ketahui alasan mengapa mereka suka menggigiti kuku. Kalau Anda tahu alasan mereka, Anda akan lebih mudah mengurangi kebiasaan buruk menggigit kuku.

Belajar mencintai kuku
Jika anak perempuan Anda suka menggigit kuku pastikan Anda mengajarkan mereka untuk mulai mencintai kuku. Pastikan Anda juga menjaga kesehatan dan kecantikan kuku Anda.

Ganti dengan makanan ringan
Anda dapat mengganti kebiasaan menggigit kuku dengan semangkuk snack sehat.

Jangan menghukum
Saat ia mulai menggigit-gigit kuku, pastikan Anda tidak menghukum mereka dengan cara yang ekstrim. Cukup peringatkan saja ya Ladies.

Beri hadiah
Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi kebiasaan buruk si anak. Kalau ia sudah mulai mengurangi kebiasaan buruknya, berikan mereka hadiah supaya mereka merasa dihargai.

Selamat mencoba ya Ladies. Terapkan hidup sehat pada anak semenjak dini.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading