Sukses

Parenting

Pendidikan Seks: Perbincangan Atau Perdebatan?

Pendidikan seksual untuk remaja sangatlah penting. Orang tua memiliki peran penting dalam penyampaiannya. Namun, beberapa masalah sering muncul ketika orang tua dan anak mulai membicarakan perihal seks.

Dilansir oleh betterhealth.vic.gov.au, pembicaraan tentang seks antara orang tua dengan anak cenderung terhenti karena akhirnya mereka malah adu pendapat. Orang tua merasa perlu membenahi dan anak merasa tak ada yang salah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua jika ingin memiliki perbincangan yang harmonis dengan anak.

Secara umum, anak cenderung tertutup perihal seks. Mereka tidak akan memulai perbincangan seputar seks bila orang tua tidak mendahuluinya. Jika orang tua ingin memiliki pembicaraan yang lancar, jangan pernah menuntut anak untuk berbagi cara pandang mereka. Bahkan, jika mereka berpendapat yang menurut anda salah, jangan langsung perdebatkan masalah tersebut. Jika anda merasa ingin memberi mereka saran, berikan alasan sebelum menjelaskan sehingga anda tidak terlihat menggurui.

Penting bagi orang tua untuk mendengarkan pendapat anak tanpa harus menyela. Saat mendengarkan pun, jangan sekali-kali memarahi bahkan memaki sang anak. Ketika anak merasa nyaman, mereka akan menceritakan banyak hal.

Suatu ketika bila anak anda menanyakan perihal seks, jangan langsung berpikiran bahwa anak anda mengalami permasalahan seks. Jika anda bereaksi berlebihan, kemungkinan anak tidak akan menanyakan seputar seks lagi kepada anda.

Mengajarkan pendidikan seks itu mudah kok, asal orang tua mau mengerti dan mendengarkan opini anak. Bagaimana menurut anda, Moms?

Oleh: Noka Dara

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading