Sukses

Parenting

Tips Pendidikan Seks Untuk Sang Buah Hati

Moms, memang susah ya ngomongin masalah seks pada anak. Tapi, jika mereka tidak dikenalkan, mau belajar dari mana? Hayo perhatikan nih Moms, anak sangat membutuhkan bimbingan orang tua.Dilansir oleh betterhealth.vic.gov.au, orang tua sering merasa canggung membicarakan seputar seks. Berikut beberapa tips untuk memulai pembicaraan dengan anak anda.

Sebelum memulai pembicaraan masalah seks, orang tua harus banyak mencari referensi. Semakin banyak referensi yang Moms baca, semakin mudah menjelaskan kepada anak. Referensi antara lain mengenai pubertas, menstruasi, reproduksi, penyakit menular seks, alat kontrasepsi, kehamilan diluar nikah, aborsi, pernikahan dini, dan percintaan sesama jenis.

Sebelum memulai, ada baiknya jika anda mencoba mempraktekkan dengan suami agar nantinya tidak terlihat canggung. Ketika membicarakan tentang seks, jangan lantas membuatnya menjadi panjang lebar seperti guru menceramahi murid. Buatlah lebih santai sehingga anak nyaman menyampaikan pendapat.

Saat memulai pembicaraan masalah seks, jangan lantas membuatnya menjadi sebuah diskusi yang serius, Moms. Pembicaraan akan terasa lebih nyaman saat anda melakukan kegiatan lain, seperti memasak. Yang lebih penting lagi, jangan hindari kontak mata. Kebanyakan orang tua menghindari kontak mata yang justru membuat situasi semakin canggung.

Untuk mengawali sebuah pembicaraan, orang tua bisa mengawali dengan membicarakan hal disekitar. Seperti saat ada tayangan televisi romantis, orang tua bisa menanyakan pendapat anak. Menceritakan pengalamn pribadi orang tua biasanya bisa membuat anak nyaman dan terbuka. Ceritakan kepada mereka bagaimana pandangan anda, tapi, jangan berharap anak anda memiliki cara pandang yang sama.

Nah, Moms, you should try.

Oleh: Noka Dara

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading