Sukses

Parenting

Trik Menjelaskan Haid Pertama Pada si Anak

Ladies, putri kecil Anda sudah mulai beranjak dewasa. Teman-teman sebayanya pun mulai mendapatkan menstruasi pertamanya. Anda sebagai orang tua harus mendampingi melewati masa-masa tersebut. Pasti suatu hari putri kecil Anda akan bertanya apa yang harus dia lakukan jika menstruasi pertamanya datang.

Membicarakan hal tersebut pada awalnya akan terasa canggung dan aneh, tapi Anda sebagai orang tua harus pandai dalam menjelaskannya, karena sudah menjadi kewajiban Anda untuk membimbingnya agar ia mengerti apa yang harus ia lakukan ketika itu terjadi.

Katakan pada mereka bahwa hal ini akan dialami setiap wanita dan wajar terjadi. Dengan memberi penjelasan, mereka tidak akan mengalami syok saat terjadi “perdarahan” di bawah sana. Jangan lupa untuk menjelaskan pada mereka bahwa kram perut bisa saja mereka alami.

Selain proses terjadinya menstruasi, orangtua juga perlu mengingatkan putrinya yang baru pertama menstruasi agar menjaga kebersihan organ kelamin. Dijelaskan pada situs kidshealth.org, saat menstruasi daerah kewanitaan biasanya sangat lembab. Jadi, setiap habis buang air kecil, buang air besar, ketika mandi dan saat mengganti pembalut, basuhlah dengan hati-hati bagian diantara bibir vagina atau vulva dengan menggunakan air bersih.

Saat membasuh daerah kewanitaan, lakukan dengan cara yang benar yaitu dari arah depan (vagina) ke belakang (anus). Jangan lupa sebelum pakai celana, keringkan dulu dengan menggunakan handuk atau tisu yang sebaiknya tidak berparfum. Selanjutnya, segeralah untuk mengganti pembalut terutama di saat darah menstruasi sedang banyak-banyaknya. Sebaiknya gunakan celana dalam dari bahan katun sehingga tidak menambah lembab daerah kewanitaan terutama saat menstruasi. Sebisa mungkin batasilah untuk menggunakan celana jeans yang terlalu ketat.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading