Sukses

Parenting

Tourette Syndrome - Pengertian

Apakah Ladies pernah melihat seseorang yang secara berselang menggerakkan kepalanya? Itulah yang disebut dengan tourette (too-RET) syndrome. Sindrom too-RET ini merupakan kelainan syaraf yang bisa terlihat sejak kecil. Kelainan syaraf ini menyebabkan adanya gerakan yang tidak biasa atau tidak semestinya dan terjadi berulang. Selain gerakan, adapula sindrom too-RET yang menyebabkan si penderita mengeluarkan suara yang tidak seharusnya dan tidak bisa dikontrol.

Pada anak-anak, biasanya kelainan ini mulai terlihat pada usia 2 hingga 7 tahun. Anak laki-laki juga cenderung lebih beresiko mengalami sindrom too-RET. Beberapa macam sindrom too-RET ini tidak membahayakan dan tidak menggangu si penderita sehingga tidak memerlukan penyembuhan. Beberapa bahkan mengalami penurun frekuensi gerakan sampai menghilang saat si anak berusia remaja.

Adapun penyebab dari too-RET ini belum diketahui secara pasti seperti yang dijelaskan di mayoclinic.com. Teori mengatakan bahwa penyebab too-RET ini adalah faktor genetis serat adanya kelainan pada syaraf otak.

Untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami sindrom too-RET dapat Ladies lihat secara langsung dalam keseharian. Pada sindromtoo-RET yang sederhana, biasanya penderita akan menggerakkan beberapa otot secara berkala. Bisa saja si anak secara berkala mengedipkan mata (yang tidak seperti orang normal lainnya), atau memiringkan kepalanya, bahkan cegukan atau mengucapkan kata tertentu secara berkala. Jika anak Anda menunjukkan gejala itu, maka Ladies perlu memastikannya ke dokter.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading