Sukses

Parenting

Waspada Bullying Mengancam Anak Anda

Ladies, tahukah Anda bahwa bullying juga dapat terjadi melalui dunia maya? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh mayoclinic.com.

Ladies, sebelum bullying menjadi perhatian sebagian besar orang tua, bullying hanya lelucon anak dan teman-temannya dimana kita orang tua menganggap bahwa itu adalah hal yang biasa. Namun bullying ini menjadi masalah serius karena dampak negatif yang ditimbulkannya pada mental anak.

Menurut badan kesehatan kejiwaan anak dan remaja Amerika Serikat seperti dikutip oleh situs mayoclinic.com, lebih dari setengah anak-anak di Amerika Serikat pernah mengalami bullying semasa mereka di bangku sekolah. Ladies, berikut adalah macam-macam bullying yang kini telah merambah dunia maya, Internet.

Tipe yang pertama adalah bullying fisik, dimana pelaku yakni anak-anak yang lain memukul, menonjok, menendang, hingga merusak barang-barang korbannya. Ladies, karena biasanya para pelaku bullying ini mengancam korbannya untuk tidak memberi tahu siapapun, maka anak cenderung diam atau berbohong tentang luka di tubuhnya. Pastikan Anda mendidik anak untuk terbuka kepada Anda ya, Ladies!

Selanjutnya adalah bullying dengan menggunakan kata-kata, Ladies. Mayoclinic.com melansir bahwa bullying dengan cara ini menggunakan modus panggilan khusus yang biasanya buruk kepada korban, mencari titik lemah dari korban kemudian mengolok-oloknya, hingga mengarah ke ras.

Tipe yang terakhir adalah cyberbullying dimana menggunakan media Internet untuk melancarkan serangan kepada korban melalui email korban, sms, blog, hingga jejaring sosial. Ladies, apabila Anda mendapati anak sering murung hingga jarang makan malam bersama Anda, Anda perlu curiga karena mungkin disebabkan karena ia sedang di-bully oleh teman-temannya.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda ya, Ladies!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading