Sukses

Parenting

Tips Aman Mudik Lebaran

Setelah puasa, banyak di antara kita yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk bersilaturrahim dengan kerabat dan keluarga. Namun, tingginya angka kecelakaan setiap tahun saat mudik lebaran membuat kita terus waspada agar tidak menjadi korban. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan saat mudik lebaran, ada baiknya Anda menyimak tips aman berkendara dengan mobil di jalan raya berikut ini:

1. Jangan meletakkan barang di atas mobil

Banyak pemudik yang memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, tak peduli seberapa jauh perjalanan yang ditempuh. Namun, tak sedikit pemudik yang meletakkan barang bawaan di atas mobil. Padahal hal tersebut dapat membahayakan jiwa Anda dan pengendara lain akibat keseimbangan mobil yang terganggu loh, Ladies.

2. Jangan menggunakan angin ban nitrogen

Nitrogen cepat menguap dan membuat ban panas meletus. Hal ini tentu saja akan membahayakan jiwa pengendara.

3. Cek kondisi mobil

Memutuskan mudik menggunakan mobil memang penuh resiko. Ada baiknya, sebelum mudik cek seluruh kondisi mobil termasuk mesin agar keselamatan pengendara tetap terjaga.

4. Istirahat

Perjalanan mudik yang jauh seringkali membuat pengendara lupa untuk istirahat meski tubuh telah letih. Inilah yang banyak menyebabkan jumlah kecelakaan semakin tinggi. Sebaiknya, ajak keluargamu untuk istirahat, Ladies. Jangan pernah menyetir dalam kondisi mengantuk karena hal ini rawan terjadinya kecelakaan.

5. Jaga pikiran

Mudik selalu identik dengan macet. Tetapi, ada baiknya jaga pikiran untuk tetap tenang saat berkendara ya, Ladies. Pikiran tenang menjauhkan diri dari stres dan emosi yang bisa saja berujung pada kecelakaan.

Jadi, selamat mudik ya, Ladies. Hati-hati di jalan, salam untuk keluarga tercinta Anda.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading