1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Mengapa Perhatian Secara Individu pada Setiap Anak Itu Penting, Moms?

Kamis, 11 Oktober 2018 19:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Perhatian pada anak/copyright Unsplash.com/Sai De Silva

Vemale.com - Menjadi orangtua adalah pengalaman seumur hidup dan penuh kejutan dan tantangan. Tidak ada orangtua yang sempurna bagi anaknya, namun akan selalu ada orangtua yang berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Termasuk memberikan perhatian yang adil terhadap anak-anaknya.

Moms harus tahu bahwa perhatian pada kakak dan adik harus dibagi adil dan tidak berat sebelah. Pastikan juga memberikan perhatian individual pada setiap anak di hari-hari mereka. Karena dilansir dari New Parent, memberikan waktu yang sama antara kakak dan adik mampu membangun kepercayaan diri dalam diri setiap anak.

Adele Faber, ahli keluarga sekaligus penulis buku Siblings Without Rivalry: How to Help Your Children Live Together So You Can Live Too mengatakan bahwa lebih penting lagi jika orangtua bisa memberikan perhatian khusus untuk setiap anak agar anak bisa menumbuhkan rasa menghargai diri sendiri.

Luangkan waktu sebanyak 10-15 menit setiap hari untuk secara khusus berbicara pada kakak saja, kemudian pada adiknya. Berdua saja moms, bangun kedekatan emosional tanpa ada pihak ketiga, karena dengan begitu anak mengetahui bahwa orangtuanya peduli secara khusus padanya.

Hal ini bisa dilakukan seperti misalnya, setelah menidurkan si adik, Moms meluangkan waktu menemani tidur kakak dan bercengkrama dengannya seperti dulu kala ketika si kakak belum punya adik. Dengan begini, si kakak maupun adik tidak merasa dikesampingkan karena saudaranya.

Jadi Moms, jangan abaikan perhatian pada setiap anak ya mulai dari sekarang.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
[17 Des 16:00] Live Streaming #KLYLounge with Titi DJ