1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Jangan Dimarahi, Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Ngambek Tak Mau Sekolah

Jum'at, 12 Oktober 2018 08:00 Penulis: Ivana Okta Riyani
Copyright: unsplash/paoxiaozhen

Vemale.com - Banyak hal baru yang menantang yang bakal dihadapi setiap orangtua. Salah satunya adalah anak yang ngambek dan tak mau masuk sekolah. Nah, untuk mengatasi hal ini, Mom jangan terlalu mudah naik pitam. Jangan memarahi anak karena cara tersebut bukanlah cara efektif dan malah membuat anak malas dan takut.

Seperti yang dilansir oleh parents.com, Mom sebaiknya memberinya semangat dan bukannya memarahi si anak. Tanyakan pada anak apa yang membuatnya enggan pergi ke sekolah, padahal sekolah baru saja dimulai. Hal pertama adalah mengetahui penyebab anak malas sekolah.

Jika ia tidak menyukai teman-temannya, katakan padanya bahwa ia tidak harus menyukai semua orang di dunia ini, karena setiap orang itu berbeda. Jika ia tidak menyukai guru-gurunya, beritahu ia bahwa yang paling penting bukan siapa gurunya, tapi ilmu yang diajarkan. Sebisa mungkin berikan penjelasan yang bisa ia terima dengan baik sehingga ia tak mogok sekolah lagi.

Hindari berkata yang buruk-buruk atau memarahinya tentang ketidakmauannya pergi ke sekolah. Anak bisa saja semakin ngambek karena merasa orang tuanya tidak mendukungnya. Memarahi anak memang tidak pernah jadi solusi yang efektif Mom. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
5 Film Indonesia Tayang Bulan Desember 2018