1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Menurut Studi Anak Pertama Lebih Cerdas Dibanding Adik-Adiknya

Jum'at, 05 Oktober 2018 13:26 Penulis: Rohmitriasih
copyright pixabay.com/Seanakroll

Vemale.com - Memiliki anak yang cerdas tentunya sangat membanggakan bagi setiap orang tua. Tapi tahukah mom, mengenai kecerdasan anak ini para ahli menyebutkan jika anak pertama memiliki kecerdasan lebih baik jika dibandingkan dengan adik-adiknya yakni anak ke dua, ke tiga dan seterusnya. Benarkah seperti itu?

Tim peneliti dari Universitas Edinburgh di Inggris menyebutkan bahwa anak pertama di dalam sebuah keluarga memiliki IQ (Intelegent Quotient) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan IQ adik-adiknya. Ini karena anak pertama umumnya memiliki limpahan kasih sayang dan perhatian yang lebih baik dari orang tua.

Dengan limpahan kasih sayang inilah, psikologi anak akan terbentuk dengan sangat baik. Baiknya psikologis inilah yang mendorong anak memiliki otak cerdas, pola pikir yang lebih baik dan cemerlang. Setelah anak pertama memiliki adik, mereka juga dituntut lebih mandiri dan berpikir dengan lebih baik lagi.

Melansir dari laman boldsky.com, studi yang diterbitkan di Journal of Human Resource menyatakan jika anak pertama kemungkinan besar mendapat perhatian penuh dan tercukupi dengan baik segala kebutuhannya. Orang tua dari anak pertama umumnya juga melakukan segala yang terbaik pada anak pertama mereka sehingga membuat anak pertama cenderung lebih terawat.

Jee Yeon K. Lehmann, seorang peneliti mengatakan, "Orang tua yang baru memiliki buah hati cenderung melakukan segalanya dengan benar. Biasanya, kesadaran mereka untuk membentuk anak jadi pribadi cerdas, mandiri dan mengesankan juga lebih besar. Inilah yang kemudian membuat anak pertama cenderung lebih cerdas."

Meski beberapa penelitian menyebutkan anak pertama lebih cerdas dari adik-adiknya, tidak menutup kemungkinan jika anak kedua atau ke tiga dan selanjutnya juga lebih cerdas dari anak pertama. Kecerdasan anak pada dasarnya bisa dibentuk dengan memberikan nutrisi terbaik pada mereka, memberi pengetahuan cukup dan menempatkannya di lingkungan yang memang dikelilingi orang-orang cerdas di dalamnya.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Alasan Bella Shofie Tak Ekspos Kehamilannya