Sukses

Parenting

Cara Tepat Menghentikan Pertengkaran Si Kakak & Adik di Rumah

Orangtua sebaiknya mengetahui apa yang harus dilakukan jika anak-anak di rumah bertengkar. Bahkan di dalam keluarga yang bahagia Seringkali kakak adik bertengkar karena masalah kecil namun bukan berarti bisa diabaikan. Karena jika tidak disikapi dengan tepat, justru membuat hubungan antara kakak dan adik jadi tidak baik.

Dilansir dari New Parent, aturan terbaik untuk menghentikan pertengkaran anak adalah tidak condong atau memihak satu sisi saja dan jangan menyalahkan satu di antara mereka. Jangan pernah bertanya pada anak-anak "Siap yang memulai pertengkaran?" karena hal itu hanya membuat Moms tampak membela satu di antaranya.

Demi menjaga hubungan baik antara si kakak dan si adik, juga menjaga hubungan antara ibu dan anak sendiri, sebaiknya Moms tahu bahwa memberikan perlakuan yang sama dan adil adalah cara yang paling tepat.

Lesia Oesterreich sebagai asisten profesor perkembangan manusia dan keluarga Iowa State University mengatakan bahwa memberikan anak waktu untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri bisa menjadi bentuk pendewasaan yang perlu dilakukan ketika mereka bertengkar.

Minta mereka membicarakan apa masalah mereka sebenarnya dan jika amarah sudah reda, suruh mereka minta maaf satu sama lain. "Tunjukkan dan ajarkan pada anak-anak bagaimana mengendalikan amarah dan bersikap lebih sabar," ungkap Lesia Oesterreich.

Jadi, kini Moms tahu kan apa yang harus dilakukan jika si kakak dan adik bertengkar di rumah? Ingat pedomannya ya!

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading