1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

4 Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi, Catat Moms!

Jum'at, 21 September 2018 16:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Ruam popok bayi/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Ketika bayi rewel karena mengalami ruam popok, Moms harus siap dan tahu bagaimana mengatasinya agar ruam popok tak perlu terjadi lagi. Ruam popok biasanya terjadi karena kulit bayi lembap dan mengalami iritasi.

Dilansir dari Eparenting.co.uk, ini sekian cara mengatasi ruam popok.

1. Ganti popok
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengganti popok bayi. Segera ganti jika popok basah dan lembap, terutama jika bayi memiliki kulit sensitif.

2. Keringkan pantat bayi
Selalu bersihkan pantat bayi dan keringkan dengan kain wol atau katun halus. Jika bayi tidak alergi pada krim anti iritasi untuk bayi, bisa mengoleskan krim ini sebelum memakai popok yang baru.

3. Bedak atau minyak anti iritasi
Jika tidak cocok dengan krim, bubuhkan pantat bayi dengan bedak untuk menjaga kulit bayi kering lebih lama. Pastikan popok tidak memiliki bau atau tanpa parfum dan memiliki bahan yang bisa membuat kulit tetap bisa bernapas.

4. Periksakan ke dokter
Jika ruam popok bayi tidak segera sembuh atau hilang, bahkan membuat bayi demam dan timbul jerawat-jerawat kecil di area selangkangan dan pantat, segera periksakan ke dokter. Mungkin harus minum obat untuk bisa menyembuhkan ruam popoknya.

Nah Moms, jangan abaikan pemilihan popok dan kenali kulit bayi agar ruam popok tak perlu terjadi ya.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Soal Kosmetika Oplosan, Polisi Panggil Via Valen dan Nella Kharisma