Sukses

Parenting

5 Tantangan Jika Punya Anak Kembar, Catat Moms!

Ladies, mengetahui sedang hamil anak kembar pasti menjadi berita yang mengejutkan, menggembirakan sekaligus mendebarkan. Karena bagaimana pun, akan ada banyak tantangan yang akan dihadapi jika melahirkan dan membesarkan anak kembar.

Apa saja yang harus dipersiapkan jika punya anak kembar? Dilansir dari eparenting.co.uk, ini tantangan yang akan dihadapi jika memiliki anak kembar.

1. Persiapan melahirkan
Dimulai dari persiapan melahirkan, sebaiknya ibu diberi tahu apa saja yang akan perlu dilakukannya saat melahirkan. Latihan pernapasan, tenang, dan rileks adalah hal yang harus dimiliki ibu, baik melahirkan normal maupun caesar.

2. Kesehatan dan nutrisi ibu
Seteah melahirkan, ibu perlu mendapat cukup minum air putih dan makan makanan bergizi untuk menyusui. Karena bayi yang disusui ada dua atau lebih, maka ibu juga membutuhkan asupan makanan sehat lebih banyak.

Tantangan punya anak kembar/copyright Pixabay.com/FreeWorld

3. Benda-benda yang perlu dibeli
Karena kembar, pasti akan lebih banyak barang yang perlu dibeli, baik pakaian, makanan maupun perawatan. Untuk menekan pengeluaran, tidak perlu membeli banyak mainan. Sebaliknya ajak anak bermain dengan apa yang ada di rumah.

4. Kurang tidur
Orangtua, khususnya ibu akan mengalami lebih banyak kurang tidur di malam hari ketika mengasuh dan merawat bayi kembar. Dibutuhkan kesabaran, kekuatan dan keteguhan ekstra untuk menghadapi tantangan ini.

5. Banyak menabung
Karena kebutuhan si kembar tidak sebatas makan dan minum saja, orangtua harus banyak menabung dan sudah memikirkan biaya sekolahnya, biaya kesehatan, asuransi dan lain sebagainya.

Memiliki anak kembar memang menakjubkan, namun ingat bahwa tantangannya pun berat dan perlu perjuangan. Nikmati saja ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading