Sukses

Parenting

7 Fakta Unik tentang Bayi Baru Lahir yang Mom Belum Ketahui

Mom, melihat si kecil setelah melahirkan tentunya ada perasaan senang dan lega ya? Dengan melihat tubuh yang mungil dan wajah yang menggemaskan tentunya bisa membuat Mom lebih bersyukur dan bersemangat untuk menjalani hari. Dilansir dari hellosehat, ternyata ada banyak fakta menarik yang yang jarang diketahui banyak orang tentang bayi baru lahir. Mungkin juga Mom belum mengetahui hal tersebut, Hmm kira-kira apa saja ya?

1. Saat baru lahir, bayi menangis tanpa mengeluarkan air mata

Faktanya, bayi baru lahir tidak bisa mengeluarkan air mata hingga berusia beberapa minggu. Alasannya karena lantaran kelenjar air mata belum bisa berkembang sempurna. Setelah ia berusia sekitar 2-3 bulan, maka barulah ia bisa menangis.

2. Bayi akan memiliki tanda lahir

Mom apakah Mom menemukan ada tanda lahir pada bayi saat menggendongnya? Uniknya, setiap bayi yang baru lahir akan memiliki satu tanda lahir pada tubuhnya dan ternyata hal ini sangatlah wajar. 80% bayi faktanya dilahirkan memiliki tanda lahir yang disebabkan melebarnya pembuluh darah kecil di bawah kulit saat persalinan. Namun, Mom bisa tenang karena tanda lahir ini akan hilang saat ia berusia 3 tahun.

3. Bayi baru lahir memiliki 300 tulang

Berbeda dari orang dewasa, bayi memiliki jumlah tulang yang lebih banyak yaitu 300 buah. Namun seiring bertambahnya usia, jumlah tulangkan akan berkurang menjadi 206 karena tulang akan menyatu dengan sendirinya.

4. Bayi baru lahir sudah dapat mendengar, mencium dan melihat dengan baik

Bayi bisa mengenali suara ibunya karena ia sudah terbiasa mendengar suara ibunya sejak dalam kandungan. Oleh karena itu, bayi akan bisa merespon suara ibunya daripada suara orang lain. Selain itu seiring berjalannya usia, indera penciumannya pun akan meningkat. Pada penglihatan, bayi akan bisa membedakan visual ibu dan orang lainnya setelah beberapa minggu.

5. Bayi baru lahir mengenali lagu yang didengar saat masih dalam kandungan

Apakah Mom sering memutarkan lagu untuk si kecil? Jika iya maka bayi ternyata bisa mengenali lagu yang biasa ia dengar saat di dalam rahim sampai 4 bulan setelah kelahiran. Oleh karena itu, saat bayi rewel Mom bisa memberikannya lagu yang ia biasa dengar agar bisa lebih tenang.

6. Bayi baru lahir memasukkan apapun ke dalam mulut

Bayi yang baru lahir tentunya akan memiliki kebiasaan seperti memasukkan jari ke mulutnya. Setelah beberapa bulan, ia akan bisa memegang benda dan memasukkan segala benda ke mulutnya. Berdasarkan penelitian di Prancis mengatakan bahwa bayi baru lahir memiliki naluri untuk meletakkan segala sesuatu di mulut sebagai pertahanan hidup. Karena memasukkan sesuatu ke mulut memiliki arti sebagai kemampuan untuk bisa makan.

7. Bayi baru lahir memilki feses pertama yang berwarna hitam kehijauan

Jangan, keburu ya Mom kalau feses si kecil berwarna aneh! Pasalnya feses pertama bayi terbuat dari zat lengket gelap yang disebut mekonium. Lama-kelamaan nantinya feses bayi akan bisa berwarna dan bertesktur seperti manusia normal lainnya.

Wah, menarik sekali bukan? Dengan Mom tahu fakta-fakta ini jadi nggak perlu kaget deh kalau suatu saat menemukan hal ini pada si kecil. Setiap bayi itu memang unik!

 

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading