1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Bagaimana Menjelaskan Menstruasi dan Pubertas Pada Anak Remajamu?

Jum'at, 31 Agustus 2018 10:15 Penulis: Ivana Okta Riyani
Copyright: unplash/emma goldsmith

Vemale.com - Beberapa orangtua terutama ibu akan bingung saat anak mereka bertanya soal menstruasi. Nah, kali ini Vemale akan coba hadirkan tips untuk menjelaskan pada anak soal pubertas yang mereka alami ini. Get ready Mom!

Sebenarnya tak ada yang bisa memastikan kapan anak remaja putri akan mendapat menstruasi pertamanya. Namun, ini akan datang saat ia mulai puber. Pubertas ini adalah waktu dimana anak sudah mulai dewasa. Ini berarti akan banyak perkembangan yang terjadi dan juga adanya perubahan baik di dalam maupun di luar tubuh.

Beberapa anak remaja putri akan memulai masa pubertas pada usia 8, dan mungkin mulai berakhir pada usia 13 atau 14. Setiap gadis memiliki masa puber masing-masing. Jadi jangan biarkan anakmu berpikir bahwa dia aneh jika pubertas mulai lebih awal atau sedikit lebih lambat daripada teman-temannya. Berikan pengertian bahwa setiap anak memiliki waktu sendiri dan tak semuanya sama atau mengalami menstruasi di usia spesifik.

Selain itu berikan edukasi soal perubahan tubuh yang akan ia alami Ladies. Jelaskan bahwa di awal masa puber, ia akan merasa bahwa payudaranya mulai mengembangkan dan rambut akan mulai tumbuh pada alat kelaminnya (pubic hair). Lalu, beberapa saat kemudian, rambut juga akan tumbuh di bawah ketiaknya.

Mayoritas perempuan akan mengalami menstruasi pertama mereka sekitar 2 hingga 2 ½ tahun setelah perkembangan payudara dimulai. Ini tidak pasti, ada juga yang lebih cepat dari 2 tahun. Ada juga yang mengalami menstruasi lebih lama saat payudara mereka mulai tumbuh.

Sebagai ibu yang baik, jangan menutupi hal ini dan menganggapnya sebagai sesuatu yang tabu. Berikan penjelasan agar si dia tak bertanya-tanya atau mungkin takut saat tubuhnya mulai mengalami perubahan.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Berkaca Pada Kasus Via Vallen Vs Jerinx, Bagaimana Aturan Cover Version?