1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

5 Cara Mengajarkan Anak untuk Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Kamis, 30 Agustus 2018 13:00 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Parenting/ Copyright : unsplash.com

Vemale.com - Mom, tentunya Mom pasti menginginkan anak selalu punya rasa tanggung jawab bukan? Arti dari tanggung jawab bisa memiliki arti lebih dari sekedar "bertanggung-jawab." Sikap ini tergantung terhadap diri sendiri bagaimana cara seseorang untuk memperlakukan orang lain, menepati janji dan komitmen, dan mau mengakui kesalahannya kepada orang lain termasuk keluarga. Pada prinsipnya, rasa tanggung jawab bisa didapatkan si kecil saat di sekolah maupun di rumah, karena memang hal ini sangat penting untuk diajarkan kepadanya.

Dilansir dari hellodoktor, berikut ini yang bisa Mom lakukan untuk mengajarkan tanggung jawab pada si kecil.

1. Selalu ajarkan tanggung jawab sejak kecil
Saat ingin mengajarkan pada si kecil, tentunya Mom harus selalu mengajarkannya sejak balita. Jangan hanya menunggunya saat besar nanti. Dengan dilatih bertanggung jawab maka ia bisa memiliki rasa peduli yang besar.

2. Ajaklah mereka untuk membantu pekerjaan rumah
Mom, pastinya berat bukan jika membereskan rumah sendirian? Maka dari itu cobalah untuk mengajak si kecil untuk membantu, meskipun terkadang mereka merasa malas. Mom bisa mengajarkan kepada mereka kerjasama tim. Tentunya hal ini bisa menjadi kesempatan untuk bisa mengajarinya lebih awal agar ia bisa menjadi orang bisa bertanggung jawab nantinya.

3. Latihlah dengan hal yang dekat dengannya
Hal mudah yang bisa Mom lakukan adalah memberikannya tugas kecil seperti saat ia ingin makan, maka ia bisa mengambil makanan dan mencuci piringnya setelah selesai makan. Selain itu, saat ia selesai pulang sekolah dan berganti baju, bimbinglah dia untuk menaruh pakaian kotornya pada mesin cuci. Tentunya semakin ia dewasa nantinya ia akan lebih terbiasa dengan tugas-tugas kecil ini.

4. Hargai proses yang mereka lakukan
Anak kecil pastinya akan suka bergabung dengan orang lain. Biasanya mereka lebih suka membantu karena ia akan merasa bermain daripada bekerja. Jadi selalu usahakan setelah ia selesai mengerjakan kewajibannya, maka berilah sebuah pujian agar ia merasa dihargai.

5. Hindari memberikan hadiah
Belajar bertanggung jawab bukan berarti ia selalu diberikan hadiah. Jangan biarkan kebiasaan ini hanya akan membuatnya mau melakukan sesuatu hanya karena ada imbalan. Jika Mom memberikannya hadiah, yang ada ia akan melakukan tanggung jawab yang dibayar. Jika Mom tetap ingin memberinya hadiah, maka Mom bisa memberikannya selain di luar kewajibannya dalam bertanggung jawab.

Mengajarkan anak rasa tanggung jawab memang susah-suah gampang, namun Mom jangan berharap banyak karena ia masih kecil dan bisa semakin dilatih seiring bertambahnya usia. Selalu rutin melakukan cara ini ya, Mom.

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
#MovieTalk Sakral - Perdana Main Film, Olla Ramlan Ketagihan