1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

5 Cara Mengajarkan Anak untuk Menghargai Uang

Kamis, 30 Agustus 2018 10:00 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Keuangan/ Copyright : freepik.com/ rawpixel

Vemale.com - Saat masih kecil, tentunya orangtua akan selalu mengajari tentang banyak hal. Salah satunya adalah kebiasaan menabung. Biasanya kamu akan menyisihkan uang jajan sekecil apapun dalam tabungan, apalagi semakin seru kalau celenganmu sudah penuh dengan tabungan koin. Apakah kamu pernah merasakannya?

Seiring berjalannya waktu tanpa disadari kamu sekarang telah menjadi seorang ibu yang harus mengajarkan tentang uang lagi kepada anak-anakmu. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri karena uang adalah benda yang berharga. Dilansir dari Theverymom, berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengajarkan anak menghargai uang.

1. Jelaskan secara mudah apa arti uang

Dengan mencontohkan mereka bagaimana menghabiskan uang yang tepat dan cara menabung yang baik. Mom bisa mencontohkannya dengan mengajak mereka pergi ke pasar dan tunjukkan pada mereka cara menawar dan memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan saja. Dengan begini anak akan bisa memahami uang bersama dengan melihat kebiasaan orangtuanya.

2. Bantu mereka untuk menyusun rencana tabungan

Misalnya Mom bisa menanyakan apa yang ingin si kecil inginkan, maka ia bisa menyisihkan uang untuk bisa membeli barang tersebut dengan tabungannya sendiri. Tentunya hal ini akan membuat paham tentang uang dengan seiring berjalannya waktu.

3. Jangan selalu memanjakan dan menuruti segala permintaan mereka

Sebaiknya ajarkan mereka untuk selalu bersyukur dengan segala yang dimilikinya termasuk uang. Dengan bersyukur ia akan lebih bisa menghargai diri sendiri dan orang lain.

4. Hargailah mereka sangat melakukan kesalahan

Mungkin bisa saja ia curi-curi mengambil tabungannya untuk membeli permen. Namun, Mom juga harus selalu tetap mengawasinya dari jauh agar ia tidak sampai boros menghabiskan uangnya.

5. Diskusikan kembali pilihan mereka

Mom bisa memberitahukannya bagaimana cara menghabiskan untuk kebutuhan maupun keinginannya. Si kecil tentunya akan bisa lebih belajar memahami uang dengan mengikuti saran dari orangtua mereka.

Nah, itu dia yang bisa Mom ajarkan untuk si kecil. Pastinya lakukan hal ini secara rutin namun perlahan ya. Selamat mencoba!

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
Berkaca Pada Kasus Via Vallen Vs Jerinx, Bagaimana Aturan Cover Version?