1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Ternyata Membiarkan Anak Bermain Bisa Mempengaruhi Kesehatan Psikologisnya

Rabu, 29 Agustus 2018 16:30 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Parenting/ Copyright : freepik.com

Vemale.com - Mom, apakah Mom pernah membiarkan begitu saja si kecil bermain bersama teman-temannya? Membiarkan dalam artian Mom tetap mengawasinya namun dari jarak jauh. Seperti yang dilansir dari dream, ternyata hal ini sangat penting untuk diterapkan pada anak.

Istilahnya adalah "downtime parenting" yaitu para orangtua memberikan anak kebebasan untuk bebas melakukan hal apapun saat bermain dengan temannya. Dengan terpisah dari orangtua, ia akan bisa mendapatkan informasi dan belajar bersosialisasi dengan teman-temannya. Intinya, anak akan bisa membuat otaknya berfungsi secara optimal saat tidak ada pengawasan dari orangtua.

Untuk melakukan hal ini Mom bisa mengajaknya keluar rumah seperti ke taman atau tempat bermain yang penuh dengan anak-anak. Mom bisa membiarkannya bermain sendiri sehingga ia bisa berusaha membaur dengan anak lain. Mom hanya perlu mengawasinya dari jauh agar membuatnya merasa aman.

Saat bermain sendiri, anak akan belajar melatih rasa ingin tahunya. Jika Mom hanya memberi tahu, mendampingi dan menunjukkan cara, hal itu hanya akan menghambat proses belajarnya dan bisa saja ia tidak bisa mandiri dan membaur dengan teman seusianya. Oleh karena itu, sangatlah penting membiarkan anak bermain bebas agar lebih bisa menikmati momennya sehingga bisa mempengaruhi perkembangan intelektual dan psikologinya.

Tentunya Mom pasti juga ikut senang bukan si kecil bisa menambah pengalaman baru sekaligus teman baru? Yuk mulai terapkan dari sekarang!

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
Nikita Mirzani Menghapus Semua Foto di Instagramnya