Sukses

Parenting

Jangan Beri Cap 'Nakal' Pada Anak Sebelum Tahu 3 Hal Ini

Orang dewasa terutama orangtua, sebaiknya tidak begitu saja menyebut anak 'nakal', hanya karena kelakuannya yang kurang baik. Bukan hanya karena ini adalah kata yang buruk namun juga bisa memberikan pengaruh negatif terhadap anak secara mental dan emosional.

Dilansir dari UpWorthy, sebaiknya Moms mengetahui sekian hal ini sebelum memberi anak cap 'nakal'.

1. Tak bisa mengendalikan keinginannya

Penelitian menyebutkan bahwa otak anak belum bisa mengendalikan diri untuk menuruti semua perintah atau ajaran orang dewasa. Diperlukan kesabaran menghadapi anak dan ada baiknya memberikan banyak contoh perbuatan baik berkali-kali di hadapan anak sehingga anak bisa menirukan dan menjadikannya kebiasaan.

2. Stimulasi berlebihan

Anak punya energi yang cepat habis dibanding orang dewasa. Jika mengajaknya ke berbagai kegiatan, mulai dari pagi hingga sore sedangkan ia tidak mendapatkan cukup istirahat apalagi tidur siang dan makan yang cukup, jangan heran jika ia rewel. Orangtua harus tahu kebutuhan anak dan bagaimana menjaga mood anak tetap baik agar tidak perlu rewel dan menyebutnya nakal.

3. Kebutuhan fisik anak dipengaruhi suasana hati

Kondisi psikologis anak perlu diperhatikan. Memahami karakter anak sejak dini diperlukan setiap orangtua, apalagi jika anak berkebutuhan khusus seperti autis dan lain sebagainya. Bukan anak yang harus menyesuaikan jadwal orangtua, namun orangtua yang harus menyesuaikan dengan anak.

Semua hal yang terjadi selama parenting menjadi proses belajar, baik untuk anak maupun orangtua. Jadi jangan lelah dan jangan salam menyebut anak 'nakal' ya Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading