Sukses

Parenting

Aturan Screen Time Bagi OrangTua, Yuk Menjadi Role Model untuk Si Kecil

Orangtua adalah panutan anak, maka apa yang orangtua lakukan seringkali menjadi pedoman anak untuk melakukan satu hal. Mom, mungkin sering protes saat anak terlalu sering bermain handphone. Untuk meminta anak membatasi bermain handphone adalah dengan memberikan contoh kapan waktu terbaik untuk bermain handphone.

Batasan screen time tidak hanya berlaku pada anak, tapi juga orangtua. Berikut ini adalah aturan yang tepat pengunaan handphone bagi orangtua. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Saat si kecil sedang berbicara, hindari melihat handphone mom. Fokus padanya, perhatikan matanya. Hal ini membuatnya merasa diperhatikan.
  2. Saat makan bersama, hindari menjawab telpon dan pesan. Makan bersama adalah quality time bersama keluarga.
  3. Saat menikmati waktu bersama anak hindari mengecek handphone. Tinggalkan sejenak handphone dan bersenang-senanglah bersama anak.
  4. Manfaatkan video call saat berada jauh dengan si kecil. Hal ini akan membantu si kecil merasa dekat dengan mom.
  5. Batasi penggunaan handphone, berusahalah untuk berkomitmen dengan aturan yang mom buat. Hal ini akan membantu anak mengerti.
  6. Sesekali tidak ada salahnya mom dan si kecil bermain bersama menggunakan handphone. Melihat video lucu atau yang lain. Memberikan konten yang positif akan membantu si kecil lebih bijak dalam menggunakan handphone.
  7. Saat si kecil butuh perhatian kamu, hindari menggunakan handphone. Jauhkan handphone dari jangkauan mom. Fokuslah kepadanya.

Mom, demikian cara bijak menggunakan handphone bagi orangtua. Apakah mom memiliki aturan sendiri menggunakan handphone saat di rumah? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading