1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

4 Tips Menangani dan Menghadapi Anak Berkelakuan Buruk

Kamis, 02 Agustus 2018 15:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Cara menghadapi anak/copyright Unsplash.com/Eddie Kopp

Vemale.com - Menjadi orangtua memang tantangan besar, apalagi jika anak punya kelakuan yang tidak terduga. Anak yang berperilaku buruk tentunya bukan hal baru, namun banyak orang tua belum banyak yang tahu bagaimana cara yang tepat menangani anak yang berperilaku buruk.

Dilansir dari Step to Health, ini sekian cara menangani anak yang berkelakuan buruk.

1. Sabar dan pengertian
Moms harus tahu bagaimana cara mengendalikan emosi, terutama menunjukkan sikap sabar dan pengertian. Menghadapi anak tidak perlu dengan amarah. Bersikaplah lembut namun tegas. Tanya baik-baik sambil menatap matanya. Kontak mata diperlukan agar anak tahu apa yang dimaksud ibunya.

2. Tidak perlu memikirkan kata orang
Seringkali ibu malu dengan kelakuan anak yang buruk di depan umum. Tentunya ini tak bisa dihindari, karena setiap orang bisa menghakimi dengan buruk kapan saja. Namun perlu ditekankan bahwa mindset malu seharusnya tidak mendominasi karena menenangkan anak harusnya menjadi prioritas. Peluk anak dan pegang tangannya untuk memberikan penjelasan.

Cara menghadapi anak ketika ia berkelakuan tidak menyenangkan./copyright Shutterstock.com

3. Jangan membentak dan meremehkan anak
Hindari sebisa mungkin membentak anak, apalagi di depan umum. Jangan pula mengatakan kata-kata tak pantas didengar kepada anak. Bukan hanya bisa menyakiti hati anak tapi bisa membuatnya trauma dan tidak memercayai ibunya sendiri.

4. Beri contoh baik
Anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya, dan jika Moms memberikan contoh perilaku yang baik, anak akan meniru apa yang biasa ia lihat. Jadi jangan lelah memberi teladan yang baik, Moms.

Orangtua memang sebaiknya bisa memahami maksud anak dan apa yang diinginkannya. Komunikasi harus dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman antara ibu dan anak, dan anak tidak perlu menunjukkan perilaku buruk ya Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Ruben Onsu Cari Pertolongan, Orang-Orang Terdekatnya Jadi Korban