Sukses

Parenting

Baiknya, Pada Umur Berapa Anak Tak Lagi Mandi dengan Orang Tua?

Sejak kecil anak pasti sudah terbiasa diajak orang tuanya untuk mandi bareng. Alasan orang tua untuk mandi bareng dengan anak, karena anak masih belum paham apa artinya membersihkan diri sehingga butuh bantuan orang tua agar mereka bisa membersihkan diri.

Untuk orang tua yang sudah terbiasa mandi bareng anak, baiknya harus tahu sampai umur berapa anak masih butuh bantuan kita dalam urusan mandi.

Dilansir dari hai bunda, Psikologi berlisensi Dr Richard Beyer mengatakan bahwa umumnya ketika sudah memulai sekolah atau berusia 5-6 tahun maka sebaiknya mereka berhenti mandi bareng orang tua. Namun Richard mengatakan hal ini kembali lagi tergantung pada nilai dan budaya masing-masing keluarga.

Bagi balita, kamar mandi bisa menjadi tempat belajar untuk menggunakan kamar mandi dan menjaga kebersihan tubuh dengan benar. Selain itu, mandi dengan orangtua si kecil juga bisa mengenal tubuh dan percaya diri dengan keadaan tubuh sendiri.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah jika anak memiliki keinginan mencoba untuk mandi sendiri, beri mereka kesempatan untuk melakukannya. Atau, ketika anak menolak bahkan menghindar ketika orang tuanya tidak memakai baju, itu sebagai tanda kalau anak sudah mulai merasa tidak nyaman melihat orang tuanya telanjang.

Richard berpesan sebagai orang tua pastinya harus selalu ingat bahwa anak perlu berlatih melakukan keterampilan mengurus dirinya. Sehingga anak menjadi terlatih untuk merawat dirinya sendiri. Jika mereka masih enggan mandi sendiri dan sudah berumur 4 tahun maka sampaikan pelan-pelan bahwa dia sudah besar dan perlu belajar mandi sendiri.

Mengubah kebiasaan pada anak memang sulit, namun hal itu harus tetap dilakukan agar anak nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tidak hanya mengandalkan bantuan orangtua. Apakah moms sudah mencoba hal ini?

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading