1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

7 Hal yang Dapat Moms Lakukan untuk Membangun Kedekatan Emosional Anak

Sabtu, 01 September 2018 12:15 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Parenting/Copyright : pexels.com

Vemale.com - Menjadi seorang wanita karir pasti selalu dituntut untuk melakukan tugasnya semaksimal mungkin. Tak jarang wanita karir mengorbankan waktunya untuk bekerja daripada mengurus anak di rumah. Tanpa disadari, ibu yang seharusnya memberikan perhatian lebih kepada anaknya menjadi berkurang karena tidak memiliki banyak waktu untuk mereka.

Padahal kedekatan seorang ibu dengan anaknya sangatlah penting. Selain adanya kedekatan emosional, seorang anak juga butuh perhatian dan bimbingan dari para orangtuanya agar bisa tumbuh menjadi seorang anak yang berkepribadian baik. Untuk para ibu yang jarang di rumah, meskipun sibuk sempatkanlah melakukan beberapa hal di bawah ini agar tetap bisa dekat dengan si kecil setiap hari.

  • Seringlah melakukan kontak fisik

    Berikan waktu yang cukup untuk anak. Moms bisa meluangkan hari libur ataupun akhir pekan untuk bisa bermain bersama mereka. Duduk bersama dan memangku mereka adalah pilihan terbaik untuk mendengarkan mereka bercerita tentang kesehariannya. Sempatkan usap lembut kepala dan cium pipi mereka saat mereka tidur.

  • Berikan perhatian sekecil apapun

    Cobalah mulai mengurangi mengecek ataupun mematikan smartphone saat bersama anak. Mereka benar-benar membutuhkan kehadiran dan perhatian saat ibu mereka di rumah. Para anak tidak membutuhkan barang yang mewah, namun hanya perlu perhatian kecil dari sang ibu.

  • Jadilah orang yang baik

    Memang tiap ibu pasti sangat menyayangi anaknya, namun apalah arti menyayangi jika tidak dilakukan dengan rasa cinta dan kasih sayang. Pastinya seorang ibu selalu ingin dicintai para anaknya bukan? Maka jadilah orangtua sekaligus sahabat yang baik untuk mereka.

  • Gunakan kata-kata yang manis

    Tidak hanya kontak fisik, namun kata-kata yang manis dari sang ibu juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Usahakan perhatikan setiap kata yang moms ucapkan kepada sang anak agar mereka tahu perhatian kita. Hindari kata-kata kasar dan menjatuhkan agar si kecil tidak minder dan menjadi kurang percaya diri.

  • Mendisiplinkan mereka dengan lemah lembut

    Sebagian besar orangtua menganggap bahwa membentak dan mengancam adalah hal yang efektif untuk mendisiplinkan mereka. Padahal hal itulah yang menjadikan orangtua tidak bisa dekat dan memahami anaknya. Mulai sekarang cobalah mendisiplinkan anak dengan cara yang lemah lembut namun tetap tegas dan menghindari kekerasan.

  • Tertawalah bersama mereka

    Hubungan orangtua dan anak akan terlihat jika mereka sering terlihat tertawa bersama. Cobalah sesekali mengajak mereka bercanda. Jika merasa semua candaan tidak berhasil, cobalah menggelitik mereka!

  • Ajarkan mereka untuk selalu berdoa bersama

    Ketika moms mengajarkan doa bersama dengan anak, maka hal ini menunjukkan bahwa moms mempercayakan segala masalah kepada Tuhan. Hal ini bisa mengajari mereka percaya kepada Tuhan dan memahami bahwa Tuhan juga mencintai mereka.

Nah, mudah sekali untuk dipraktikan ya Moms? Jika masih merasa canggung, cobalah lakukan jika ada kesempatan dan baru lakukan tiap hari jika sudah terbiasa. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Wanita Karir
  2. Ibu Dan Anak
Berkaca Pada Kasus Via Vallen Vs Jerinx, Bagaimana Aturan Cover Version?