1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

4 Cara Mengajarkan Anak untuk Menghormati Orangtua

Kamis, 05 Juli 2018 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Anak/copyright unsplash.com/@volk_photography

Vemale.com - Menjadi orangtua memang tidak mudah. Menghadapi sikap anak-anak yang kadang di luar kendali kamu. Nah, bagaimana sebenarnya cara untuk membuat si kecil menghormati mom sebagai orangtuanya? Benarkah perlu membentak anak agar ia lebih respek dan perhatian.

Well, anak-anak adalah kertas putih yang kosong. Ia akan melakukan seperti apa yang ia lihat dan dengar. Yuk, simak tips dari vemale untuk mengajarkan anak menghormati orangtua.

1. Tetap Tenang

Saat anak bersikap kurang menyenangkan, cobalah untuk bersikap tenang. Jangan memburu si kecil dengan tuntutan agar si kecil bersikap menyenangkan. Hal ini akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan merasa dipaksa.

2. Perlakukan Ia Seperti Mom Ingin Dihormati

Seringkali mom merasa si kecil tidak menghormati. Nah, yang sering terlewatkan orangtua meminta untuk dihormati tapi lupa bahwa anak juga butuh diperlakukan dengan baik. Ingat, anak juga manusia yang mempunyai perasaan dan dapat mencontoh apa yang sering ia lihat dan rasakan. Biasakanlah untuk menghormati anak agar ia tidak luput dari rasa menghormati siapapun menjadi anak yang berbudi pekerti baik.

3. Jadilah Contoh untuk Si Anak

Anak lebih mudah meniru daripada mendengarkan instruksi. Jadi, pastikan mom untuk melakukan tindakan yang mom ingin dilakukan si anak. Hormati hak si kecil sebagai individu, berikan ia kebebasan untuk melakukan apa yang ia inginkan.

4. Pahami Perbedaan Pendapat

Seringkali mom lupa, jika perbedaan pendapat adalah hal yang biasa. Mungkin mom beranggapan jika hidup akan lebih mudah jika anak selalu menuruti keinginan orangtua. Sayangnya sikap demikian tidak realistis. Yang perlu dipahami saat terjadi perbedaan pendapat, si kecil tidak sedang melawan namun sedang mencari titik tengah.

Mom, demikian 4 cara untuk mengajari anak untuk lebih menghormati orangtua. Ada tips lain, semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering