1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Manfaat Bermain Di Playground Untuk Orangtua dan Si Kecil

Kamis, 05 Juli 2018 15:33 Penulis: Anisha Saktian Putri
Buumi Playscape

Vemale.com - Selain bermain permainan di rumah, ada baiknya moms mengajak anak untuk bermain di playground atau tempat bermain anak. Selain menyenangkan buah hati, bermian di playground juga akan meningkatkan tumbuh kembang si kecil.

Sebuah jurnal penelitian berjudul The Benefits of Playgrounds menunjukkan bahwa playground merupakan suatu tempat penting yang bisa memberikan kesempatan anak-anak untuk meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, motoriknya.

Hal serupa pun diungkapkan Erica Pramesty, salah satu founder Buumi Playscape, menurutnya, playground atau playscape menawarkan berbagai permainan yang bisa disesuaikan dengan usia anak.

“Mereka bisa memilih berbagai macam permainan berbeda, jadi ngga cuma bikin keringet saja. Untuk di Buumi playscape sendiri memang permainan disesuaikan dengan usia si kecil. Mulai dari usia 6 bulan hingga 7 tahun,” ujarnya saat ditemui redaksi Vemale.com, Rabu (4/7).

Lebih lanjut, Erica mengatakan permaian seperti wall sensorik dapat meningkatkan sensortik anak karena bisa merasakan tekstur dari beda-beda berbeda. Bahkan, buku-buku yang ada di playscape ini sudah melalui kurasi agar sesuai dengan usia si kecil.

sensorik wall

Selain untuk si kecil, playground ini pun didesain agar orangtua dapat menikmati kebersamaan dengan anak, lewat berbagai kegiatan.

“Di sini orangtua bisa mendapatkan bonding dengan anak. Setelah bekerja dari senin-jumat, weekend rasanya waktu yang pas mengajak anak bermain. Jadi orangtua pun dapat menyadari bahwa anak sudah berkembang sejauh mana. Dan mempelajari perkembangan anak,” tambahnya.

Menurutnya, bonding time bisa didapatkan karena orangtua akan mendampingi ketika anak bermain, mengikuti kelas workshop dengan si kecil, atau berinterkasi ketika anak memainkan sesuatu.

“Seperti conton di reading wall, ibu bisa meningkatkan bonding ibu kepada anak dengan membacakan buku,” tuturnya.

Selain itu, manfaat bermain di playground juga diulas dalam kidsafewa.com.au, selain dapat meningkatkan kekuatan fisik, koordinasi dan keseimbangan, manfaat lain yang bisa didapat dari bermain di playground yaitu bisa membuat anak belajar dan meningkatkan atau mengembangkan kemanpuan sosial, kreativitas dan imaginasi, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Memiliki kepercayaan diri, serta mampu untuk menjaga diri sendiri.

Oleh karena itu, luangkan waktumu dan si kecil untuk pergi bermain di playground saat libur atau akhir pekan.

(vem/asp)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering