1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Tips Menghindari Drama 'Kakak Baru' Sejak Masa Kehamilan

Rabu, 04 Juli 2018 14:15 Penulis: Ayu Puji Lestari
Kakak Baru/copyright unsplash.com/@volk_photography

Vemale.com - Moms, sedang hamil anak kedua? Mungkin pengalaman ini akan sedikit berbeda dibandingkan saat kehamilan kedua. Menyiapkan kehamilan kedua pastinya akan menguras emosi dan tidak jarang melibatkan drama karena menyiapkan anak pertama sebagai kakak baru, bagi si kecil.

Memang tidak mudah memberikan pengertian kepada calon kakak atas kehadiran calon adik. Perlu kesabaran yang tinggi untuk menghindari drama 'kakak baru' ini. Maka mempersiapkan sejak calon adik dalam kandungan sangat penting. Yuk, simak penjelasan dari vemale di bawah ini.

  1. Berikan pengertian jika mom sedang hamil, dan mengandung calon adiknya. Sebaiknya beritahu saat mom memasuki trimester kedua ketika perut mom sudah mulai agak besar.
  2. Berikan gambaran tentang proses melahirkan dengan bahasa yang lebih dipahami anak. Hal ini membantu calon kakak baru untuk lebih tenang.
  3. Ajak calon kakak saat berkonsultasi ke dokter kandungan, hal ini dapat membantu calon kakak membangun kedekatan emosional.
  4. Libatkan calon kakak saat memilih nama untuk calon adik.
  5. Ajak calon kakak berkomunikasi dengan calon adik dengan memegang perut mom, merasakan gerakan sang calon adik juga membantu membangun kedekatan emosional calon kakak.
  6. Ikut sertakan calon kakak saat membeli baju untuk calon adik.
  7. Bantu dia untuk lebih mandiri dengan membiarkan calon kakak untuk tidur sendiri. Biarkan ia memilih dekorasi kamar yang dia inginkan.
  8. Meskipun sang adik belum lahir, mom dapat melatihnya dengan cara membiasakan kehadiran bayi di kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan mengajak melihat bayi lain, mengajaknya berkhayal jika nanti sang adik lahir ia akan memiliki teman bermain yang lucu.
  9. Ajak sang kakak untuk memahami bahwa sebentar lagi ia memiliki seorang adik. Posisikan kakak sebagai pelindung yang juga memiliki peranan bagi kehidupan adiknya.

Mom, demikian 9 cara untuk membantu menyiapkan calon kakak baru. Membantu membangun kedekatan emosional sejak si adik masih dalam kandungan akan membantu mengurangi drama 'kakak baru'. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering