1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Begini 5 Cara Mengajarkan Nilai Persahabatan pada Anak!

Selasa, 26 Juni 2018 11:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Mengajarkan nilai persahabatan/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Menjadi orangtua, bukan hanya bertanggung jawab dalam membesarkannya saja, namun juga menanamkan nilai sosial dan moral yang nantinya akan dipergunakan anak di dalam kehidupan masa depannya. Salah satu nilai sosial yang perlu ditanamkan pada anak adalah nilai persahabatan.
Seperti dilansir dari Wikihow (13/7/2017), begini lima cara menanamkan nilai persahabatan pada anak.

1. Jadilah sahabat anak
Sebagai contoh yang baik, maka orangtua perlu menjadi teladan untuk anak. Caranya adalah menjadi sahabat untuk anak-anak sendiri. Menjalin komunikasi yang baik dengan anak, menjadi tempat curhat anak dan memberikan interaksi positif serta pengajaran bahwa menjalin persahabatan itu penting untuknya.

2. Beri waktu bersosialisasi pada anak
Untuk membangun dan mengasah nilai persahabatan itu sendiri, tentu Moms perlu mengajak anak untuk mengenal anak-anak di lingkungan rumah, teman-teman di sekolah dan lain sebagainya. Bagaimana menyapa mereka dan memperlakukan mereka. Orangtua juga berperan dalam mengarahkan anak jika terjadi kesalahpahaman sehingga anak bisa bersosialisasi dengan baik.

Mengajarkan anak cara berteman dengan anak-anak lain/copyright Shutterstock.com

3. Menunjukkan persahabatan dari media lain
Moms juga bisa memberikan contoh persahabatan yang ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari atau dari media seperti buku cerita, acara televisi, kartun atau film. Anak juga perlu tahu contoh yang buruk agar bisa menghindari kejadian tersebut dalam menjalin pertemanan.

4. Ajarkan untuk mengendalikan emosi
Penting sekali mengajarkan cara mengendalikan emosi sejak dini, agar anak bisa menumbuhkan kedewasaan di dalam dirinya. Saat menjalin persahabatan atau berinteraksi dengan orang lain, anak kemungkinan akan menemui perbedaan pendapat dan lain sebagainya. Ajarkan anak bagaimana cara menghadapi situasi seperti ini dan mengendalikan emosi.

5. Tanamkan nilai kejujuran dan cara menangani konflik
Penting sekali menanamkan sifat jujur dan cara menghadapi konflik di dalam pertemanan sehingga hubungan anak bisa tetap baik dengan teman-temannya, tidak dijauhi dan bahkan di-bully.

Menjadi orangtua memang tidak mudah, namun selalu ada cara untuk belajar menjadi lebih baik untuk anak-anak kita ya Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Arti 3 Tato Baru di Kedua Tangan Awkarin