Sukses

Parenting

Mengenal dan Memahami Tentang Disleksia Pada Anak

Perasaan bahagia sedang dirasakan Deddy Corbuzier, Ayah dari Azkanio Nikola Corbuzier ini berbahagia karena Azka berhasil lulus dari SD. Seperti yang diunggah dalam akun youtubenya, Deddy Corbuzier bercerita tentang kelulusan Azka. Deddy Corbuzier bercerita jika Azka berhasil lulus sebagai lulusan terbaik di sekolahnya.

Tahukah kamu, jika Azka pernah mengalami disleksia. Ya, disleksia merupakan gangguan dalam perkembangan baca dan tulis yang umumnya terjadi pada anak-anak. Mungkin banyak yang menyangka jika disleksia akan mempengaruhi kecerdasan anak, namun pendapat itu dipatahkan oleh Azka dengan prestasi yang dibuatnya.

Disleksia mengalami gangguan pada kemampuan membacanya dan bisa berakibat pada kemampuan lain seperti menulis dan mengeja. Akan tetapi, disleksia ini tidak menghambat atau mengganggu kecerdasan penderita. Walaupun penderita juga mengalami gangguan pada memori mereka seperti kesulitan dalam mengingat suatu hal. Tapi secara kognitif, misalnya dalam menganalisis sesuatu, mereka masih bisa menunjukkan kemampuan yang tidak kalah dengan orang lainnya.

Gejala yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Disleksia

Disleksia biasanya tidak diketahui sampai anak memasuki usia sekolah dan belajar membaca. Nah, berikut ini adalah tanda Disleksia yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Kemampuan membaca anak berada di bawah rata-rata anak seusianya
  2. Anak kesulitan memahami informasi yang dia dengar dari orang lain
  3. Kesulitan mencerna perintah-perintah yang disampaikan dengan cepat
  4. Kesulitan mengikuti beberapa instruksi yang diberikan sekaligus
  5. Kesulitan mengingat rangkaian peristiwa
  6. Kesulitan memahami persamaan dan perbedaan huruf dan kata
  7. Kesulitan melafalkan kata yang kurang dikenalinya
  8. Kesulitan memahami perbedaan huruf yang berkebalikan (misalnya b dan d)
  9. Kesulitan saat mengeja

Ladies, demikian tanda jika seorang anak mengalami disleksia. Pahami tanda-tandanya agar anak segera mendapat penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading