Sukses

Parenting

Tips Menghindari Krisis Percaya Diri Bagi Ibu Baru

Perjalanan panjang seorang perempuan bisa jadi dimulai saat ia menyandang status baru sebagai ibu. Tidak ada pendidikan formal bagaimana menjadi orangtua atau ibu yang baik. Hal inilah yang seringkali membuat seorang ibu baru, menjadi kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman.

Rasa takut dan merasa gagal seringkali menjadi kendala bagi seorang ibu baru. Apalagi jika berada di lingkungan yang kurang mendukung atau selalu memberikan respons negatif, hal ini dapat menyebabkan krisis percaya diri dari seorang ibu. Nah, berikut cara yang dapat mom lakukan agar tetap percaya diri setelah menjadi seorang ibu.

1. Tidak Perlu Selalu Harus Menjadi Supermom

Orangtua seharusnya menjadi pemandu, bukan penjaga. Menjadi mentor, bukan pemonitor. Tak perlu selalu ingin segalanya sempurna, menjaga si kecil agar tak ada luka sedikit pun. Anak-anak kadang lebih belajar secara efektif melalui kesalahan yang dilakukannya. Jadi biarkan si kecil untuk menjadi diri sendiri.

2. Anak Memiliki Sifat yang Spesial

Setiap anak memiliki kepribadian yang unik dan tak mungkin disamakan. Metode pengasuhan pada satu anak tak menjamin bisa berhasil pada anak lain. Lakukanlah yang paling bisa mom bisa. Well, yang paling mengerti si kecil adalah mom bukan orang lain.

3. Perbanyak Baca

Alih-alih menggunakan ponsel itu membaca gosip, ada baiknya mom memanfaatkan ponsel untuk membaca tentang tips parenting yang mungkin dapat mom coba. Semakin banyak yang mom baca tentang mengasuh anak, semakin banyak pengetahuan yang didapat.

4. Stop Membandingkan

Well, setiap anak memiliki hal yang istimewa maka pastikan mom untuk stop membandingkan si kecil dengan anak orang lain. Akan ada banyak orang yang menceritakan pengalamannya mengurus bayi pada mom. Termasuk menceritakan perkembangan anak-anak mereka. Dalam momen seperti ini, hindari melakukan perbandingan. Stay cool, mom!

Mom, demikian tips agar tetap merasa percaya diri saat menjadi seorang Ibu. Tetap semangat, seorang ibu selalu istimewa. Be happy, mom!

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading