Sukses

Parenting

DANCOW Iya Boleh Camp Dukung Ibu Berkata Iya Boleh untuk Si Kecil

Rangkaian acara DANCOW Iya Boleh Camp masih terus berlanjut. Pada hari kedua, Minggu 29 April 2018 terdapat agenda utama yakni talkshow interaktif bersama DANCOW Parenting Center Expert, Dra. Ratih Ibrahim, Psikolog dan dr. Bernie Medise, SpA(K), MPH serta selebriti mom Ussy Sulistiawaty dan Intan Nuraini.

Acara talkshow yang bertemakan 'Percaya Diri Berkata Iya Boleh untuk Eksplorasi Pertama Si Kecil' ini dipandu oleh Andhika Pratama sebagai host. Ingin tahu informasi penting apa saja yang harus kamu tahu lewat talk show ini?

Ternyata mengatakan ‘Iya Boleh’ pada anak penting dilakukan untuk tumbuh kembang Si Kecil, terutama di 5 tahun pertamanya. dr. Bernie Medise mengatakan, 5 tahun pertama adalah usia emas anak, di mana Si Kecil banyak melakukan eksplorasi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

“5 Tahun pertama terjadi pembentukan otak anak yang, usia sampai 2 tahun, perkembangan otak anak mencapai 80 persen, dan di usia 5 tahun ke atas perkembangan otak meningkat 15 persen,” jelas dr. Bernie Medise dalam talk show yang digelar di Kota Kasablanka. Nah kalau dari sisi psikolog, 5 tahun pertama adalah momen penting bagi anak untuk eksplorasi.

“Iya Boleh penting diucapkan saat Si Kecil melakukan eksplorasi pertama yang merupakan moment of truth,” ujar Ratih Ibrahim.

Ratih dalam talk show tersebut juga memberikan tips pada para orangtua. Ada tiga tips yang perlu diperhatikan oleh orangtua saat mengatakan ‘Iya Boleh’. Pertama pastikan Si Kecil siap menerima terhadap kondisi lingkungan, kedua pastikan Si Kecil aman, ketiga pastikan pula orangtua terlibat ketika Si Kecil bereksplorasi. 

Berkata Iya Boleh untuk eksplorasi Si Kecil juga dilakukan selebriti cantik Ussy Sulistiawaty. Awalnya Ussy memiliki banyak kekhawatiran pada anaknya yang sedang bereksplorasi.

“Aku paling sering bilang tidak boleh pada anak. Dulu sebelumnya aku justru bertanya-tanya mengapa harus mengatakan ‘Iya Boleh’ dan alasannya apa? Tapi setelah aku mengetahui pentingnya mengatakan ‘Iya Boleh’ aku jadi paham sebagai ibu dan orangtua,” jelas Ussy.

Melihat susahnya para ibu bilang ‘Iya Boleh’ ke anak mengeluarkan cerita berbeda dari Intan Nurani. Baginya mengatakan ‘Iya Boleh’ merupakan challenge karena memberanikan diri untuk tak lagi khawatir ketika anak akan bereksplorasi.

“Dengan adanya acara ini, semoga para ibu di seluruh Indonesia bisa lebih berani bilang ‘Iya Boleh’ ke Si Kecil. Dengan begitu, Si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang lebih kreatif, mandiri, berani, dan bebas bereksplorasi. Pasalnya, berkata ‘Iya Boleh’ itu penting untuk perkembangan otak anak dan  kepercayaan diri anak,” jelas Intan.

(c) KapanLagi/Stella Maris

Selain talkshow tersebut, para pengunjung juga masih begitu bersemangat mengikuti setiap aktivitas di tujuh booth eksplorasi yang disediakan. Baik anak-anak maupun orangtua, punya kesempatan untuk saling belajar satu sama lain. Seperti tema utama dari acara ini adalah percaya diri untuk mengatakan 'IYA BOLEH' pada Si Kecil saat ia ingin bereksplorasi terhadap banyak hal yang ada di sekitarnya. Banyak orangtua yang tadinya ragu untuk mengizinkan anaknya, kini lebih percaya untuk membiarkan mereka bereksplorasi dengan permainan dan aktivitas yang ada di booth.

(c) KapanLagi/Stella Maris

Ajang bakat ibu dan Si Kecil juga masih terus berlanjut. Dibuka dengan kompetisi mewarnai untuk anak usia 5 tahun ke atas dan dilanjutkan dengan ajang fashion show untuk anak usia 3-5 tahun dan 5-7 tahun. Semua peserta sangat percaya diri menunjukkan bakat mereka berlenggak-lenggok di atas catwalk layaknya model profesional.

 (c) KapanLagi/Stella Maris

Keseruan acara DANCOW Iya Boleh Camp akhirnya ditutup dengan penampilan spesial duet Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama yang membawakan tiga lagu untuk menghibur penonton. Semua pengunjung yang hadir merasa sangat puas dengan keseluruhan acara DANCOW Iya Boleh Camp dan tentunya kamu bisa lebih percaya diri lagi berkata ‘Iya Boleh’ untuk eksplorasi Si Kecil.

(adv/ay/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading