Sukses

Parenting

Ketahui Pentingnya Masa Eksplorasi Pertama dan Perlindungan Si Kecil, Mom!

Tahukah mom kalau sebenarnya lima tahun pertama si kecil adalah pondasi tercapainya tumbuh kembang optimal anak? Lima tahun pertama atau golden age menjadi momen pembentukan otak yang mengarah pada cikal bakal kemampuan anak diseluruh bidang.

Di lima tahun pertama itulah, si kecil mendapat pengalaman pertama, mulai dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium, dan rasakan. Semua hal itu dapat menjadi stimulasi terhadap otaknya.

dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K) mengatakan, perkembangan otak si kecil akan tumbuh hingga 90 persen pada usia lima tahun pertama kehidupan.

"Usia anak sampai dua tahun perkembangan otaknya mencapai 80 persen, di usia lima tahun ke atas, perkembangan otaknya meningkat 15 persen, menjadi 90-95 persen," ujar Bernie dalam acara konferensi pers Dancow Advanced Excelnutri+ di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 24 April 2018.

Namun faktanya tak sedikit orangtua khususnya para ibu justru khawatir ketika anak bermain di luar rumah. Para orangtua khawatir si kecil bakal terserang penyakit, misalnya infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran cerna.

Nah terkait kondisi tersebut, Bernie menyarankan agar para mom tak perlu khawatir. "Pada ibu lakukan tugasnya selain memberikan banyak pengalaman pada anak yang utama adalah memberikan pondasi awal perlindungan, melalui nutrisi salah satunya melalui susu," kata Bernie.

Susu pertumbuhan anak mengandung Lactobacillus Rhamnosus, yaitu organisme atau bakteri baik yang teruji klinis dapat membantu menurunkan infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran cerna.

"Lactobacillus Rhamnosus juga melindungi saluran tubuh untuk menekan jumlah bakteri jahat yang merugikan kesehatan. Itu berpengaruh pada peningkatan daya tahan tubuh si kecil," jelas Bernie lagi.

Eksplorasi Si Kecil

Tumbuh kembang si kecil didukung oleh eksplorasi si kecil. Melalui eksplorasi, si kecil memiliki kesempatan belajar lebih besar yang dapat menambah kemampuan motorik serta melatihnya menjadi lebih percaya diri.

Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan orangtua memegang peranan penting dalam mendampingi si kecil bereksplorasi. Eksplorasi si kecil yang dibiasakan sejak lima tahun pertama kehidupannya, ditegaskan Ratih dapat mengembangkan aspek kecerdasan si kecil.

"Jadi butuh tiga bekal perlindungan untuk tumbuh kembang si kecil, yaitu nutrisi, stimulasi, dan kasih sayang orangtua. Semua itu kemudian menjadi pondasi pembentukan karakter si kecil," kata Ratih.

Nah terkait eksplorasi ada perlu moms catat nih. Dancow Advanced Excelnutri+ menggelar acara 'Dancow Iya Boleh Camp' pada 28-29 April 2018 di Mal Kota Kasablanka.

Di Dancow Iya Boleh Camp ada tujuh booth eksplorasi untuk mengasah kecerdasan si kecil seperti kemampuan psikomotorik, perhatian, bahasa, memori, dan penyelesaian masalah.

Tujuh booth eksplorasi yang dapat dinikmati adlaah Jemari Melukis, Tembikar Ria, Petualang Kecil, Pahlawan Cilik, Penjelajah Hutan, Prajurit Bakteri Baik, dan Teater Fauna.

"Di booth yang menjadi wadah eksplorasi si kecil itu, diharapkan anak menjadi lebih percaya diri dan bisa mengembangkan potensi mereka," jelas Alvin Wiradarma selaku Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+.

Di acara Dancow Iya Boleh Camp itu, para orangtua bisa mengikuti talkshow yang akan dihadiri oleh dua artis cantik yaitu Ussy Sulistiawaty, Intan Nuraini dan para pakar kesehatan.

(kly/tmi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading