Sukses

Parenting

Liburan Keluarga Sangat Tak Ternilai Harganya, Selalu Sempatkanlah

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga adalah liburan bersama. Ladies, berlibur bersama suami dan juga anak-anak adalah hal yang tak ternilai harganya. Karena itu sebisa mungkin sempatkanlah untuk melakukannya di sela-sela kesibukan.

Nah, beberapa waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk berlibur bersama keluarga diantaranya akhir pekan yang panjang, tanggal merah pada penghujung tahun atau libur akhir semester. Sebelum berlibur pastikan kamu sudah mempersiapkan banyak hal seperti memikirkan soal durasi, anggaran, atau mungkin kondisi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Toronto, Kanada, mengungkap bahwa selain kenangan, liburan juga dapat membangun hubungan dan ikatan keluarga yang kuat. Liburan bersama keluarga ternyata dapat menimbulkan respons emosional yang kuat, seperti rasa takut dan kagum saat melihat sesuatu yang indah, kegembiraan saat menonton konser atau ketenangan saat spa.

Selain itu, liburan ternyata dipercaya mendorong sistem otak. Liburan bersenang-senang di pantai atau tempat lain bisa mengaktifkan sistem otak yang memicu produksi hormon menyenangkan seperti oksitosin dan dopamin. Efek liburan ternyata juga berdampak sangat besar untuk anak. Tak cuma memberikan perasaan yang gembira, ini juga akan merangsang perkembangan psikologis dan kognitif.

Dibandingkan memberikan hadiah untuk anak seperti sepatu mahal atau gadget terbaru, jauh lebih baik memberikan liburan seru. Ini karena liburan akan mengurangi stres dan mengaktifkan perasaan hangat dan damai.

Untuk jadwal liburan sendiri, kamu nggak harus bepergian ke berbagai kota atau negara. Kamu bisa berlibur bersama ke taman, resort, hotel, atau tempat wisata dekat rumah. Hubungan yang kuat dan hangat serta tak ternilai ini akan membangun keluarga yang bahagia.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading