1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Anak Ini Donorkan Sumsum Tulangnya Demi Selamatkan Sang Ayah

Senin, 16 April 2018 12:51 Penulis: Rohmitriasih
ilustrasi copyright pexels.com

Vemale.com - Kasih sayang orang tua tak akan pernah habis sampai kapan pun. Orang tua juga akan melakukan apapun untuk kebahagiaan serta keselamatan sang anak. Tapi, tidak sedikit anak yang juga memiliki kasih sayang luar biasa untuk orang tua mereka. Seperti kasih sayang seorang anak gadis asal Tiongkok berikut ini.  

Dilansir dari laman nextshark.com, anak ini bernama Zhenzhen. Ia rela mendonorkan sumsum tulangnya untuk sang ayah yakni Luo Changming yang didiagnosa menderita leukimia myeloid sejak tahun 2016 lalu.

Zhenzhen saat menjenguk sang ayah di rumah sakit/copyright nextshark.com

Selama sakit, sebenarnya Luo telah melakukan serangkaian perawatan dan pengobatan. Keluarganya bahkan telah mengeluarkan dana hingga 200 ribu yuan atau setara dengan Rp434 juta untuk biaya perawatannya. Sayang, kondisinya tidak kunjung membaik. Awal tahun ini penyakit Luo justru semakin parah dan mengharuskannya melakukan operasi transplantasi sumsum tulang yang cocok dengan miliknya.

Saat dilakukan pemeriksaan, sumsum tulang cocok untuk Luo adalah milik orang tuanya. Namun karena dinilai sudah terlalu tua, orang tua Luo dicoret dari daftar pendonor. Sumsum yang cocok lagi selain orang tuanya adalah milik anaknya yakni Zhenzhen yang masih berusia 11 tahun. Tapi, dokter mengatakan Zhenzhen terlalu kurus sehingga ia sangat berisiko jika harus menjadi pendonor.

Meski begitu, anak berhati mulia ini mengatakan pada dokter bahwa ia akan baik-baik saja ketika harus melakukan donor sumsum. Ia bertekad melakukan donor demi menyelamatkan nyawa sang ayah apapun yang akan terjadi nanti.

"Aku bertanya padanya, hanya kamu yang bisa menyelamatkan ayah, apakah kamu mau melakukannya? Dengan tegas dan tanpa rasa takut, ia berkata iya," ungkap Luo Xiaolan, ibu Zhenzhen.

Zhenzhen adalah anak yang baik dan berhati lembut/copyright nextshark.com

Karena bertekad menyelamatkan sang ayah, Zhen yang dulu begitu pilih-pilih makanan kini jadi lebih bisa menerima lebih banyak makanan. Ia juga akan makan lebih banyak agar berat badannya bisa mencukupi untuk menjadi seorang pendonor. Dalam waktu satu bulan, berat badan Zhen pun bertambah hingga 4,5 kg dan berhasil membuatnya memiliki berat badan ideal sebagai seorang pendonor.

Apa yang dilakukan Zhen begitu menyentuh hati ya ladies. Semoga donornya berhasil dan sang ayah maupun zhen sama-sama senantiasa sehat serta hidup bahagia selamanya bersama keluarga besar mereka.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Tips Aman Pakai Tester Makeup