Sukses

Parenting

Begini Trik Cerdas Christian Sugiono Batasi Anak Main Gadget

Perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu juga memberikan dampak yang negatif jika tak digunakan dengan baik. Hadirnya gadget ini memang sangat membantu banyak pihak, namun ini bisa menimbulkan kecanduan, bahkan untuk anak-anak. Masalah baru inilah yang harus dihadapi orangtua jaman sekarang.

Dilansir oleh KapanLagi.com(3/4), Christian Sugiono punya trik sendiri agar anaknya tak sampai kecanduan gadget. Saat putranya yakni Arjuna Zayan Sugiono meminjam tablet untuk bermain game atau melihat film kartun, Christian tetap memperbolehkan. Hanya saja ia punya trik tersendiri, Christian akan memberikan gadget saat posisi baterai dalam kondisi hampir habis sehingga Arjuna tak akan lama menggunakannya.

"Penggunaan gadget untuk anak sangat saya kontrol. Jadi kalau untuk tablet, saya charger-nya cuma 10 persen, cuma 15 persen. Kalau baterenya isi sedikit dia nggak akan main lama karena akan cepat habis. Terus saya bilang harus di-charger. Kalau nggak gitu dia akan main berjam-jam," tutur Christian.

Walaupun membebaskan namun Christian tetap harus cerdas dalam menyiasati bahayanya kecanduan gadget. Ia tahu betul bahwa ini akan menyusahkan jika sampai terjadi.

"Untuk permainan dia sukanya apa ya saya download-in. Misalnya dia lagi suka nonton Transformers, ya saya download Transformers. Cuma gitu, saya kasih main, tapi kalau waktunya habis ya sudah," lanjutnya.

"Saya bilang nge-charge itu lama, bisa seharian, dia kan nggak tahu berapa lama. Dia tahunya dicolokin, tapi habis itu saya simpan aja. Besoknya, pas sudah keisi 15 persen baru kasih ke dia. Kalau belum habis baterainya tapi diambil dia akan marah. Kalau pas tahu baterainya habis dan mati kan dia sudah tahu nggak bisa main lagi," pungkasnya.

Nah Mommy, trik dari Tian ini bisa banget lho dicoba untuk mencegah si kecil kecanduan main gadget. Semoga menginspirasi ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading