Sukses

Parenting

Agar Anak Cerdas, Rangsang Otaknya dengan Lagu Seperti Ini Moms

Lagu merupakan salah satu media belajar anak yang sederhana mudah dipahami dan diikuti anak. Apalagi jika lirik lagu tersebut dijadikan pengiring gerakan motorik dasar untuk melatih anak usia dini.

Pelatih senam anak, Titis Sensussiana, menjelaskan, "Lagu berlirik hewan dan buah itu masuk kategori lagu bernuansa pendidikan karakter. Untuk iringan lagu gerak motorik dasar, kami pilih yang seperti itu. Misal, lagu yang bercerita soal monyet juga rambutan. Lagu bertema sayur-sayuran juga jadi pengiringnya," ujar Titis kepada Health-Liputan6.com, Sabtu lalu (24/3/2018).

Ketika mendengarkan lagu, lirik lagu yang ceria akan menarik minat anak usia dini untuk bergerak. Hal ini akan meningkatkan latihan motorik anak, membuat anak makin senang bergerak.

Melatih motorik anak juga bisa dilakukan di sekolah. Ketika guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengajarkan gerakan motorik dasar, misalnya melompat, anak sekaligus belajar mengenal nama-nama hewan, buah, dan sayur. Anak usia dini bisa bergerak mengikuti irama lagu sambil bernyanyi.

Lagu melatih banyak hal pada anak/copyright Pexels.com

Bukan hanya mengenal nama-nama hewan, buah dan sayur, bernyanyi bersama juga membantu dalam hal sosialisasi anak dengan anak-anak lain atau orang dewasa lain.

"Anak kan harus bergerak. Jadi, saat latihan gerak motorik, ada gerakan misal berdua-dua dengan teman atau saling bergandengan tangan. Gerakan ini bantu anak bersosialisasi. Mereka bisa makin akrab," Titis menjelaskan.

Tidak perlu terlalu lama untuk melatih anak, cukup delapan menit saja, sudah mencakup lima lagu. Waktu yang pendek itu mencegah anak agar tidak cepat bosan.

"Latihan tiga kali saja, anak sudah bosan. Mereka tidak bisa dipacu seharian bergerak. Yang pasti gerakan motorik dasar ini cocok buat kelompok PAUD 3 sampai 6 tahun," tutupnya.

Jadi, jika punya waktu senggang di rumah bersama anak, bisa dimanfaatkan untuk melatih motorik anak dengan lagu-lagu ya Moms.

Sumber tulisan: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading