Sukses

Parenting

Penelitian Menyebutkan, Cucu dan Nenek Kompak Baik untuk Perkembangannya

Hubungan cucu dan nenek-kakek mereka ternyata memiliki manfaat penting bagi perkembangannya. Banyak yang menganggap, nenek-kakek lebih dekat kepada cucu alih-alih kepada anaknya. Well, ikatan erat itu mempengaruhi bagaimana anak-anak memandang orang tua secara umum. Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Child Development, menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu berkualitas dengan kakek-nenek mereka cenderung memiliki pandangan terbuka terhadap orang tua.

Hal ini juga diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Liege di Belgia mempelajari 1.151 anak-anak di bagian berbahasa Prancis di Belgia, yang berusia antara 7 dan 16 tahun. Mereka menanyakan kepada anak-anak apa yang mereka pikirkan tentang orang tua dan menjadi tua secara umum. Mereka juga bertanya tentang bagaimana perasaan anak-anak tentang kakek-nenek mereka, bagaimana kesehatan kakek-nenek mereka, dan seberapa sering mereka berinteraksi dengan kakek-nenek mereka.

Secara keseluruhan, anak-anak berusia 10 hingga 12 tahun yang melihat kakek-nenek mereka setidaknya sekali seminggu memiliki pandangan paling baik tentang orang tua. Dan anak-anak yang menggambarkan hubungan mereka dengan kakek-nenek mereka sangat baik memiliki pandangan yang lebih positif tentang orang yang lebih tua, dibanding mereka yang tidak dekat dengan kakek neneknya.
Selain memiliki manfaat positif bagi cucu, kedekatan cucu dan nenek-kakek akan membuat pikiran terasah. Menghabiskan waktu yang cukup bersama cucu dapat meningkatkan kemampuan otak. Berinteraksi dengan orang lain merangsang saraf-saraf yang baik untuk otak. Namun penting diingat agar seimbang antara menghabiskan waktu bersama cucu dan beristirahat.

Interaksi fisik antara kakek nenek dengan cucu dapat memperkuat kekebalan tubuh. Menurut penelitian di University of Virginia, saling bersentuhan dapat mengurangi risiko sakit dan menurunkan tekanan darah. Melihat tingkah cucu yang menggemaskan membuat kakek nenek untuk memeluk dan mencium. Pelukan dapat meningkatkan kadar oksitosin dan menurunkan stres. Lalu, ciuman kepada cucu dapat memberikan rasa tenang dan damai.

Bagaimana menurut mom? Apakah mom termasuk orang tua yang memberikan kebebasan anak untuk bermain dan dekat bersama kakek neneknya? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading