1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Siapa Anak Kesayangan Orangtua, Si Bungsu atau Si Sulung?

Senin, 26 Februari 2018 17:35 Penulis: Dewi Ratna
© iStockphoto

Vemale.com - Terkadang, kita sebagai orang tua secara nggak sadar berlaku tidak adil pada anak-anak kita. Pernah nggak ladies and moms merasa seperti itu? Atau mungkin ada yang anak-anaknya justru bilang sendiri bahwa dia diperlakukan tidak adil?

Sebagai orangtua, kamu tentunya menyayangi anak-anak kamu sama rata, begitu juga dengan orangtuamu. Tapi coba tebak? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Mariage and Family menemukan fakta yang berbeda. Orangtua memiliki satu anak yang diunggulkan ketimbang yang lain.

Secara umum, setiap anak percaya bahwa perlakuan yang mereka dapatkan tidaklah sama. Melansir Times of India, Minggu (25/2/2018). Dalam penelitian ini, 75 persen ibu mengakui jika merasa lebih dekat dengan anak sulung, anak pertamanya. Uniknya, hasil temuan ini sama dengan hasil penelitian 10 tahun lalu.

Anak sulung dianggap lebih dewasa dan lebih lama bersama dengan orangtua.

Berbeda dengan si Bungsu. Anak yang memiliki usia lebih muda justru merasa dirinya memiliki harga diri yang rendah ketimbang kakaknya yang selalu difavoritkan oleh orangtuanya.

Penelitian yang dilakukan oleh University of California mengatakan, anak-anak yang lebih muda merasa kakaknya selalu mendaptakan perlakuan khusus sejak kecil ketimbang dirinya.

Ironisnya, setiap orangtua tak pernah menyadari hal tersebut. Ketika mereka memiliki anak kesayangan. Namun setiap anak merasakan perlakuan yang berbeda pada keseharian.

Bagaimana dengan kamu?

Sumber: Liputan6.com

(vem/dew)
KOMENTAR PEMBACA
Melewati Batas, Meraih Mimpi - Jonathan Cristie