1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Ibu yang Bahagia Kunci Berhasilnya Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Kamis, 22 Februari 2018 11:15 Penulis: Anisha Saktian Putri
Tumbuh kembang anak./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Orangtua memiliki tanggung jawab untuk terus memantau tumbuh kembang anak. Baik tidaknya hasilnya pun sangat dipengaruhi oleh peran orangtua. Tumbuh kembang anak pun dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal.

Faktor internal bisa didapatkan langsung dari genetik yang sulit diubah. Namun, faktor eksternal dapat diasah seperti pemenuhan kebutuhan nutrisi dan stimulasi. Dr. dr Meita Dhamyanti, SpA (K), M. kes mengatakan,  kebutuhan dasar anak meliputi 3A, asih, asah, dan asuh.

Menurutnya, asah adalah stimulasi yang diberikan selama masa tumbuh kembang anak. Lalu asih adalah kasih sayang untuk anak dan asuh adalah sandang, pangan, dan papan untuk memenuhi kebutuhan anak. Kemudian, asah terkait lingkungan luar.  

“Pergaulan anak juga perlu diperhatikan sejak masih dalam lingkup terkecil di mana hanya dengan ibu, hingga kelak sudah sekolah atau bergaul dengan orang di masyarakat luas. Lingkungan paling kecil seperti ibu, dari dalam kandungan, lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan luar, dan lebih besar lagi lingkungan masyarakat dan pemerintah. Semua faktor ini penting, jika tidak ditunjang, tidak bisa terasah tumbuh kembangnya,” ujar Sekretaris UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini, saat ditemui dalam acara perayaan ulang tahun Johnson's ke 125, di Jakarta Selatan, Rabu (21/2).

Menurut, dr. Meita kebahagiaan ibu juga berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Bahkan sudah dimulai sejak dari dalam kandungan.

“Ibu dari kecil sampai besar pasti ada terus. Ibu bahagia tumbuh kembang anak pun jadi ideal, di dalam kandungan pun ibu sudah harus bahagia. Salah satu faktor yang mencerminkan anak tumbuh kembangnya baik dari ibu yang bahagia,” tutupnya.

(vem/asp/nda)
KOMENTAR PEMBACA
9 Racun Berbahaya yang Berasal Dari Dapur