1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Peneliti Menemukan, Pentingnya Interaksi Cucu Bersama Kakek Neneknya

Sabtu, 10 Februari 2018 16:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Cucu dan kakek-neneknya/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Hubungan keluarga bukan hanya tentang ayah-ibu dan anaknya, namun juga tentang cucu dan kakek-neneknya. Tahukah kamu bahwa interaksi anak dengan kakek-neneknya punya pengaruh besar secara positif terhadap tumbuh kembang anak?

Ternyata, ikatan dekat dengan kakek dan nenek mempengaruhi bagaimana anak melihat lansia secara umum. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Child Development, mengungkapkan bahwa anak-anak yang yang menghabiskan quality time bersama dengan kakek-neneknya cenderung tidak menganggap lansia itu 'orang tua menyusahkan'.

Dengan kata lain, anak-anak akan lebih menghargai orangtua secara umum dan mampu menumbuhkan rasa hormat serta menghargai terhadap orang lanjut usia. Peneliti dari University of Liege di Belgia ini meneliti 1.151 anak-anak usia antara 7-16 tahun dan melihat interaksi mereka dengan para orang lanjut usia atau kakek-neneknya.

Mereka juga ditanya mengenai bagaimana perasaan mereka tentang kakek dan nenek mereka, bagaimana kesehatan kakek dan nenek mereka, dan seberapa sering mereka berinteraksi dengan kakek dan nenek mereka.

Interaksi anak dengan kakek-neneknya membentuk karakter anak yang baik/copyright Shutterstock.com

Ternyata anak-anak yang menghabiskan waktu berkualitas dengan kakek dan neneknya memiliki pendapat yang paling baik tentang orang tua. Anak-anak ini mengunjungi atau bertemu dengan kakek-neneknya paling tidak seminggu sekali.

Di zaman serba berubah ini, penting sekali mengetahui sikap dan pemikiran anak terhadap orang yang lebih tua, karena pada umumnya anak muda zaman sekarang tidak suka terlihat bersama dengan kakek atau neneknya hanya karena tidak ingin dianggap 'tidak gaul'. Pada akhirnya, anak-anak tidak suka berinteraksi dengan kakek neneknya padahal kakek dan nenek ingin sekali memberikan kasih sayang pada cucunya.

Jadi, jangan abaikan waktu interaksi anak dengan kakek dan neneknya ya Moms, karena ternyata itu akan membantu membentuk karakter anak sebagai pribadi yang baik secara sosial dan pemikiran.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering