Sukses

Parenting

Teman Main Kecil, Komunitas Bermain Mungil Bermanfaat Besar Untuk Anak

Moms zaman sekarang pasti sudah karib dengan yang namanya Playdate. Istilah ini awalnya digunakan orangtua di Amerika Serikat untuk kegiatan mengundang teman-teman seusia si kecil untuk bermain bersama. Playdate makin marak di Indonesia karena kita sebagai orangtua mulai paham beberapa manfaat besar dari sebuah kencan bermain macam ini.

Sayangnya, playdate lebih sering diadakan di kota besar macam Jakarta. Sedangkan orangtua di wilayah luar area itu mau tidak mau harus menyesuaikan diri dan melancong ke Ibu Kota demi kemaslahatan anak.

Nah, berakar dari sekadar keinginan bergabung dalam playdate namun terantuk jarak, dua orang perempuan muda, Melati Nur Utami dan Fina Uzwatania, akhirnya mendirikan komunitas sendiri untuk anak-anak; Teman Main Kecil. Komunitas ini menitikberatkan kegiatannya di Bogor, Jawa Barat.

Diceritakan oleh Ami, sapaan karib Melati, bahwa ide ini berawal sejak tahun 2016 di mana saat itu belum ada penyedia kegiatan bermain anak. Akhirnya ia mencetuskan ide itu di grup chat rekan-rekan SMA-nya dan mampu merangkul Fina sebagai kolega perdana.

"Kita bikin playdate yang kecil-kecil dulu. Kita kumpulin teman-teman sekolah dan dibuat gratis. Tapi lama-kelamaan kita berusaha bikin yang lebih besar lengkap dengan komunitasnya," cerita Ami pada kru vemale.com yang ikut merasakan playdate bertema 'Ayo Berkebun' pada Sabtu (27/1) di area Tanah Baru, Bogor.

Teman Main Kecil/Vemale.com

Komunitas Teman Main Kecil akhirnya mengadakan beberapa kali playdate dengan tema berbeda-beda. Namun kesemuanya memiliki kesamaan yakni mempunyai lesson content dan memancing ikatan anak berusia 1 - 5 tahun dengan orangtuanya. Terpenting adalah mengajarkan interaksi serta pengembangan soft dan gross motor skill untuk anak.

Satu kali pertemuan dikenakan biaya Rp50 ribu - Rp75 ribu dan dibatasi sekitar 10-15 orang peserta. Uang tersebut digunakan untuk membeli peralatan yang menyokong tema plus camilan sehat untuk si kecil. Sebagai contoh ketika playdate bertema 'Ayo Berkebun', peserta mendapat fasilitas kertas, cat, pot bunga, dan tanaman yang menjadi tema hari itu. Termasuk juga susu dan snack di akhir acara.

"Kami sendiri melakukan praktek playdate ini bersama anak di rumah. Secara total mungkin sudah lebih dari lima kali kami mengadakan playdate bersama komunitas Teman Main Kecil sejak tahun 2016, pernah juga kami berkemping, Untuk kemping sendiri mungkin biayanya agak beda ya karena kami harus sewa alat," tambah Ami yang merupakan lulusan Psikologi Universitas Indonesia itu.

Teman Main Kecil/Vemale.coma

Salah satu peserta yang ikut playdate ini adalah Ibu Ika yang datang bersama keponakan berusia tiga tahun, Alluna. Menurut Ika, Alluna selama ini hanya bisa mendengar arahan dari kedua orangtuanya karena belum bersekolah. Namun ketika diterjunkan bersama teman-teman seusianya, Alluna bisa mengikuti petunjuk dengan baik.

"Tadinya Alluna jijik dan ngga mau pegang apa pun yang kotor. Tapi ketika diarahkan oleh penyedia event, dia mau dan bersedia terlibat dalam semua kegiatan hari itu," kata Ika.

Ide dan Komitmen

Kamu yang berminat mengadakan playdate dengan anak tapi tidak punya waktu, jangan khawatir, Moms. Dikatakan Ami bahwa semua ini bisa dilakukan sendiri di rumah asalkan kamu komitmen dengan bersedia meluangkan waktu bersama anak.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjaring ide lebih dulu untuk sebuah tema yang menyenangkan. "Media sosial sekarang sudah banjir dengan ide; Instagram, Selebmom, Pinterest, semua sekarang banyak dengan ide-ide playdate," saran Ami soal sumber inspirasi playdate.

Selain itu kamu sebagai orangtua juga wajib terlibat. Sebab di sinilah ikatan kamu dan si kecil akan terbentuk. Tak perlu waktu lama kok, cukup 30 menit saja kamu sudah bisa menciptakan kegiatan yang membuat anak girang habis-habisan.

"Tuang-menuang air, tuang-menuang beras, belajar cuci piring sendiri, Itu semua hal mudah tapi bisa dibikin fun bersama anak," tutup Ami.

Nah Moms, berminat menggelar playdate sendiri dengan anak? Well, kalau pun terasa ribet buat kamu, ikuti saja ya kegiatan playdate Teman Main Kecil di media sosial mereka. Main yuk!

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading