Sukses

Parenting

10 Hal Sepele yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Saat Menjenguk Bayi

Berniat menjenguk teman yang melahirkan? Memang rasanya tidak sabar ingin melihat si kecil. Melihat polahnya yang lucu. Hmm, ternyata menjenguk bayi ada etikanya apalagi bayi yang baru lahir. Tentu kamu tidak ingin kehadiranmu justru membuat tidak nyaman si kecil beserta keluarganya bukan?

Ladies, berikut ini adalah hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat mengunjungi bayi yang baru lahir.

  1. Mencium bayi. Meskipun kamu merasa gemas dengan si kecil bukan berarti kamu seenaknya mencium si kecil. Ingat kekebalan tubuh si kecil masih lemah.
  2. Mengajak anak kecil saat menjenguk bayi sebenarnya tidak masalah, namun seringnya kehadirannya mengganggu. Belum lagi saat si kecil rewel tidak diperhatikan karena kamu sibuk dengan bayi. Tidak ingin merepotkan bukan?
  3. Saat kamu sakit sebaiknya tahan diri untuk tidak menjenguk bayi yang baru lahir. Ingat tubuh bayi masih lemah dan memiliki kekebalan tubuh yang masih lemah. Tentu kamu tidak ingin membuat si kecil sakit bukan?
  4. Mungkin kamu merasa si kecil lucu dan imut sehingga kamu tergoda untuk menggendongnya. Jika orang tuanya tidak mengijinkannya jangan memaksanya untuk menggendong.
  5. Bayi membutuhkan banyak waktu untuk minum ASI maka saat berkunjung dan si bayi ingin minum ASI sebaiknya keluar dari ruangan biarkan ibu dan bayi untuk berada di kamarnya. Tidak semua ibu merasa nyaman saat memberikan ASI dengan banyak orang.
  6. Jangan memberikan saran saat tidak diminta. Menahan diri tidak berkomentar adalah wujud perhatian kamu kepada bayi dan ibunya.
  7. Terlalu banyak mengambil foto. Pahami tidak semua orang tua nyaman foto anaknya disebar di media sosial.
  8. Ibu dan bayi membutuhkan waktu untuk istirahat, jadi sebaiknya berkunjung tidak terlalu lama. Biarkan ibu dan bayi beristirahat ya.
  9. Hindari menggunakan parfum terlalu berlebihan. Sst, bayi biasanya sensitif dengan aroma yang terlalu tajam.
  10. Jangan berharap dijamu seperti tamu. Well, ibu yang baru melahirkan juga repot jadi usahakan untuk memahami keadaan yang seperti tersebut.

Ladies, demikian 10 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat berkunjung ke teman yang baru melahirkan. Menghargai ruang pribadi teman juga bentuk perhatian. Semoga bermanfaat ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading