1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Sentuhan Ibu Wujud Cintanya Kepada Anak

Senin, 08 Januari 2018 18:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Sentuhan ibu/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Peran seorang ibu dalam rumah tangga begitu besar. Mulai dari membersihkan rumah, hingga memasak untuk keluarganya dilakukan sendiri tanpa kenal lelah. Bahkan, banyak pekerjaan tidak membuat ibu lantas mengeluh. Ia justru mendoakan anak-anaknya agar menjadi manusia yang sukses dan berguna bagi orang lain.

Di Indonesia sendiri, sentuhan ibu tercermin di berbagai daerah dengan beragam bahasa dan cara untuk menyampaikan pesan kasih sayang seorang ibu, namun bahasa sentuhannya selalu sama.

Notty J. Mahdi, Antropolog Pemerhati Budaya, menjelaskan, Di Indonesia yang bhinneka ini, ibu adalah figur yang sangat dihormati karena berperan besar mulai dari masa kehamilan hingga melepas anak ke jenjang pernikahan.

“Seperti misalnya ibu menimang nimang bayi, melepas anak pergi untuk merantau atau saat ibu menerima sembah dari sang anak yang akan menikah. Semua bentuk tradisi tersebut terkait erat dengan sentuhan kasih sayang ibu,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Notty menambahkan, masyarakat Indonesia punya tradisi tenun dan batik, lewat tradisi inilah ibu mendekatkan diri pada anak.

“Mereka mengajarkan membatik, saat membatik ia menceritakan arti dari gambar yang mereka batik. Sebab pada motif batik itu adalah doa dan harapan,” ujarnya.

Saat sedang hamil, Notty mejelaskan ibu selalu benyanyi dengan harapan anaknya akan tunbuh menjadi pribadin yang baik.

“Nyanyi saat menggendong adalah harapan yang disampaikan oleh ibu. Untuk itu, sentuhan perlu banget karena setiap ucapan adalah doa,” tutupnya.

(vem/asp/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Panduan Beri Essential Oil Kepada Anak Untuk Pemula