1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Si Kecil Ingin Memakai Makeup? Perhatikan Hal Ini agar Terjamin Keamanannya

Senin, 08 Januari 2018 09:00 Penulis: Cerysa Nur Insani
Memakai make up/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Anak kecil biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Melihat Ibunya rutin menggunakan makeup setiap hari, bisa membuat anak ikut penasaran dan ingin turut mencoba. Seiring perkembangan zaman, sosok anak kecil yang tertarik dengan makeup tampaknya memang sudah cukup umum terjadi. Hal ini bisa dibuktikan dengan hadirnya beberapa beauty influencer cilik di media sosial. Seperti fha.zara di Instagram atau Aisyah Laila yang sudah menjadi makeup artist sejak berusia 13 tahun.

Pada beberapa kesempatan, banyak orangtua yang juga merias wajah anaknya untuk keperluan pentas terutama saat si kecil mengikuti lomba atau kegiatan lainnya. Dan tentu saja, makeup yang digunakan pada anak biasanya adalah produk makeup yang juga digunakan oleh orang dewasa. Lalu bagaimana dengan standar keamanannya? Agar si kecil tetap aman bermakeup, pastikan kamu turut memerhatikan berbagai hal berikut!

Bahan-Bahan Berbahaya

Produk makeup biasanya mengandung bahan-bahan kimia dalam formulanya. Nah, beberapa bahan kimia ini dapat menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit orang dewasa yang sensitif. Kalau orang dewasa saja bisa terkena reaksinya, apalagi kulit anak kecil yang cenderung lebih sensitif. Oleh sebab itu, Ibu harus memperhatikan kandungan bahan kimia dalam produk makeup yang akan digunakan oleh anak. Produk makeup khusus anak pun harus tetap diperiksa karena tetap memiliki kemungkinan mengandung bahan berbahaya. Berikut kandungan berbahaya yang harus dihindari;

  • Arsenik: Bahan ini kerap ditemukan di produk-produk face paint. Jika terkena kulit dalam dosis besar dapat menimbulkan reaksi penolakan hingga risiko kanker.
  • Paraben: Bahan ini cukup umum digunakan dalam produk makeup. Namun ada potensi bisa menganggu sistem hormon dan imunitas tubuh.
  • Volatile organic compounds (VOLs): Sering ditemukan di produk-produk makeup seperti lip balm dan lip gloss. Zat ini memiliki sifat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.
  • Fragrance: Kandungan parfum atau pewangi banyak ditemukan dalam produk makeup khusus anak. Bahan ini dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi.
  • Silica: Biasa digunakan untuk mengentalkan formula produk makeup. Dapat bersifat racun bagi hati, ginjal, dan saluran pernapasan.

Lakukan Antisipasi

Dampingi anak saat memakai make up/Copyright Shutterstock

Jika kamu ingin mengizinkan si kecil bermain-main dengan makeup atau harus merias anak untuk keperluan tertentu, pastikan kamu melakukan langkah di bawah ini sebagai bentuk antisipasi dari risiko iritasi:

  • Beli produk yang aman. Produk makeup dengan label “natural” dan “organik” belum tentu sepenuhnya aman, jadi tetap periksa lagi bahan yang terkandung di dalamnya. Pilihlah produk dengan bahan yang lebih sedikit dan tidak mengandung bahan berbahaya.
  • Hindari makeup tebal. Aplikasikan makeup tipis-tipis saja agar pori-pori kulit anak tidak tersumbat dan memastikan kulit tetap bisa bernapas.
  • Perawatan kulit yang benar. Anak kecil tentu belum membutuhkan berbagai macam produk skin care. Namun, pastikan kamu membantunya membersihkan makeup dengan benar menggunakan pembersih wajah dan sabun khusus wajah.
  • Tetap waspada iritasi. Jika terjadi reaksi ringan pada kulit seperti muncul kemerahan, hentikan penggunaan produk makeup pada anak. Jika reaksi yang muncul cukup parah seperti gatal-gatal dan bengkak, segera konsultasi dengan dokter.

Baca juga: Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Share Makeup dengan Teman

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Panduan Beri Essential Oil Kepada Anak Untuk Pemula