1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Ingin Masa Depan Anak Lebih Baik? Ini Tipsnya Ladies

Rabu, 03 Januari 2018 13:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Mom, memasuki usia sekolah akan ada beberapa perbedaan yang terjadi pada anak. Itulah mengapa, kamu harus mengetahui tentang pertumbuhan anak di sekolah terutama untuk anak yang baru menginjak usia 3-5 tahun.

Pada usia sekolah, Roslina Verauli - Psikolog Anak dan Remaja, menjelaskan anak mulai mengeskplor, konsep atau tujuannya hidupnya lebih besar. Usia 5 tahun ke atas perannya akan berubah lagi.

“Saat masuk sekolah adalah langkah besar bagi hidupnya, lebih berorientasi pada tuntutan tugas akademis. Terpusat pada pertemanan, kegiatan dan aktivitas fisik bertambah. Anak perempuan pasti akan memilih bermain dengan anak perempuan, begitupun dengan laki-laki. Saat sekolah anak sedang aktif-aktifnya, jadi butuh semangat dan dorongan dari orangtua,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Hal lainnya ialah, anak-anak menginjak usia sekolah akan lebih singkat waktunya saat makan bersama keluarga di meja makan. Prosentase anak makan bersama orangtua sangat menurun tajam di usia sekolah. Menurut Vera, inilah faktor mereka jajan di luar apalagi biasanya anak enggan untuk sarapan.

Hal tersebutlah yang menjadi tantangan bagi orangtua, bagaimana caranya bisa bikin anak memilih makanan sehat. “Adapula dampak secara psikologis, anak butuh energi agar sukses belajar, aktivitas fisik, belajar terlalu, tidak fokus, karena terlalu banyak kegiatan. Kuncinya adalah melalui pendekatan psikologis seperti diskusi mendalam, kasih contoh agar masuk akal, biarkan anak menceritakan kesehariannya,” ujarnya.

Vera pun membagikan tips and trik untuk orangtua membuat masa depan anak lebih baik. Hal pertama ialah menyiapkan makanan sehat di rumah, memberi model perilaku makan-makan yang sehat bagi anak, orangtua hanya menitipkan makan sehat bagi anak, makan malam keluarga, meningkatkan pola makan sehat pada si kecil, dan yang terakhir ialah mengikuti program sarapan dan makan siang sehat di sekolah.

(vem/asp/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Duka Keluarga dan Kerabat di Pemakaman Titi Qadarsih