Sukses

Parenting

4 Tips Agar Anak Mau Belajar dan Mengerjakan PR Tanpa Memarahinya

Sebagai orangtua, salah satu tantangan mendidik anak adalah ketika menyuruhnya belajar dan mengerjakan PR. Anak seringkali lebih suka bermain dan tak mau belajar. Tapi bagaimana jika ingin menyuruh anak bisa belajar dan mengerjakan PR tanpa harus memarahi atau berkata-kata kasar padanya? Ada cara yang mudah untuk dilakukan, begini tipsnya.

1. Matikan WiFi
Jika kebetulan di rumah memasang WiFi, matikan sebentar saat sudah waktunya anak belajar. Kalaupun anak belum juga berangkat belajar karena asik browsing, mematikan WiFi adalah pilihan paling bijak untuk mendisiplinkan anak.

2. Menemani anak belajar
Anak tak akan belajar jika ditinggal sendirian hanya karena kau menyuruhnya belajar Moms. Jadilah teman belajarnya, karena anak-anak pasti butuh bimbingan dan arahan orangtua saat belajar. ia juga akan lebih bersemangat jika ditemani dan ada orang dewasa yang menjelaskan padanya.

Agar anak mau belajar dan mengerjakan PR/copyright Shutterstock.com

3. Set waktu tertentu untuk belajar
Karena anak-anak (TK ataupun SD) biasanya punya konsentrasi yang sebentar pada suatu hal alias tak bisa lama-lama mengerjakan satu kegiatan dalam waktu lama, anak mudah bosan dan teralihkan oleh kegiatan lain saat belajar dan mengerjakan PR.

Atur waktu selama 15 menit saja untuk mengerjakan PR. Saat timer berbunyi, biarkan anak istirahat selama 15 menit pula. Setelah itu set timer lagi 15 menit untuk sesi belajar. Buatlah perjanjian semacam ini dengan anak agar ia lebih termotivasi dan belajar tidak jadi kegiatan yang menjengkelkan untuknya.

4. Gunakan properti yang menarik
Jika belajar membaca buku saja bisa membosankan, bagaimana jika memakai media belajar yang berwarna warni, dan gambar-gambar yang menarik perhatiannya? Moms juga bisa membacakan cerita agar anak tidak bosan, memberi selingan mewarnai di tengah-tengah belajar sambil menyisipkan pelajaran di antara kegiatan bermainnya.

Itu dia cara agar anak mau belajar dan mengerjakan PR tanpa harus memarahinya. Anak tidak harus dipaksa untuk mau belajar, karena dengan cara yang santai pun anak bisa diajak disiplin membiasakan belajar.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading