Sukses

Parenting

Sering Dilupakan, Ini 2 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Setiap Ibu

Ketika memilih untuk melepas masa lajang, tentu kita sadar akan peran baru sebagai istri dan ibu saat kita telah memiliki anak. Bukan itu saja, tanggung jawab sebagai istri dan ibu ini lebih berat karena harus mengelola rumah tangga hingga mengasuh anak.

Mungkin, 24 jam waktu ibu tidak akan cukup untuk mengerjakan tugas-tugasnya ini. Psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli, S.Psi, mengatakan seorang ibu berperan 2/3 lebih banyak menjalani tugas-tugas tersebut, dibandingkan para ayah.

Vera, sapaan akrab psikolog ini menambahkan, seorang ibu juga memiliki peran tambahan yang tak kalah pentingnya dalam keluarga, namun banyak yang masih melupakannya. Lalu apa itu? Ternyata, peran penting lainnya ialah Emotion Work atau pusat emosi. Banyak perempuan tidak sadar merekalah pusat emosi di rumah.

“Mereka yang menentukan bahwa keluarga ini lebih banyak positifnya atau negatifnya," ungkapnya dalam acara "Best Mom Ever" sebuah kampanye dari Fonterra di Jakarta.

Emotion Work ialah dengan mendengarkan pasangan dan anak, memahami pikiran dan perasaan mereka, hingga memberikan dukungan serta apresiasi.

"Cobalah tanya pada diri sendiri, are you happy mom? Tanya ke anak, are you happy kid? Kalau jawabannya sama, berarti keluarga punya emosi yang positif. Jika bapak atau anak sedang tidak dalam keadaan baik, pasti ibu yang tanya, mengapa? Saat suami naik gaji, mereka yang memuji. Saat suami kena masalah, ibu yang support," tuturnya.
Copyright: Vemale.com
Selain itu adapula Mental Work yang meliputi pendelegasian tugas-tugas rumah tangga, keuangan, concern dengan kesehatan dan gizi keluarga serta hal lainnya. “Sebenarnya emosi seorang ibu sangat penting untuk yang harus dijaga, karena status ibu sangat mempengaruhi kesejahteraan emosional keluarga secara keseluruhan,” ujarnya.

Banyak tugas ibu seperti itu, ibu memerlukan apresiasi diri untuk selalu bahagia dan sejahtera secara emosional. Berkaitan dengan hal ini, sebagai penyedia nutrisi susu asal Selandia Baru, Fonterra, mengapresiasi peran-peran penting seorang ibu melalui kampanye 'Best Mom Ever' untuk merayakan peran penting dalam keluarga, yang bertepatan dengan momen Hari Ibu.

Melalui kampanye ini,Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia, Rohini Behl menjelaskan bahwa Fonterra ingin menginspirasi masyarakat untuk mempersembahkan hadiah bagi ibu mereka, baik dari yang paling sederhana hingga yang mewah sekalipun, sebagai refleksi apresiasi mereka terhadap ibu.

"Kampanye ini bertujuan untuk mengapresiasi para ibu yang selalu memastikan kebutuhan nutrisi keluarga dan menjadikan mereka ibu terbaik," tutupnya.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading