KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Jangan Hanya Kenyang, Ini Makanan yang Harus Diberikan Moms Pada Anak

Kamis, 30 November 2017 16:02 Penulis: Anisha Saktian Putri
Makanan yang perlu diberikan Moms pada anak/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Bicara tentang gizi, tidak hanya perlu dimulai sejak anak-anak tumbuh besar saja, melainkan harus diperhatikan sejak anak masih di dalam janin. Nah, ketika anak mulai memasuki Sekolah Dasar (SD), mom memberikan asupan makanan jangan hanya kenyang saja, melainkan gizinya pun harus seimbang karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan.

Nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, mengatakan, zat gizi mikro seperti zink, zat besi, vitamin B dan C sangat dibutuhkan oleh anak-anak usia sekolah. Mereka sangat membutuhkan zat tersebut sebagai energi dalam menjalankan kegiatan harian sekolah dan aktivitas di luar, mendukung fokus anak ketika belajar, dan membantu memperkuat ketahanan tubuh.

“Minimal zat besi yang dibutuhkan 10 mg dan zink 11 mg agar kebutuhan hariannya terpenuhi,” ujar Jansen saat ditemui dalam peluncuran Minute Maid Nutriforce, di Jakarta.

Jika anak kekurangan gizi-gizi tersebut, bisa dipastikan si kecil akan terkena anemia. Berdasarkan catatan Riset Kesehatan Dasar 2013 mengungkapkan 26.4% anak usia 5-12 tahun menderita anemia gizi.

Bukan hanya dampak kesehatan saja yang akan menghampiri si kecil ketika kekurangan vitamin, melainkan konsentrasi anak juga akan terganggu. Roslina Verauli, Psikolog Anak dan Keluarga juga mengatakan sejumlah studi menunjukkan bahwa kualitas protein, vitamin, dan mineral pada makanan berkorelasi dengan baik terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah (Sigman, 1995; Watkins & Pollitt, 1998), dan terdapat 3 faktor yang harus diperhatikan pada anak usia sekolah yakni fokus, aktivitas dan ketahanan tubuh.

Perhatikan gizi makanan yang diberikan ke anak, jangan asal kenyang/copyright Shutterstock.com

Tiga hal ini sangat berkaitan dengan performa anak di sekolah. Anak saat ini memiliki banyak tuntutan, seperti tuntutan prestasi di sekolah, aktif di luar sekolah dan sosial pertemanan.

“Begitu besar tuntutan mereka, sangat dibutuhkan kecukupan nutrisinya agar mereka bisa nyaman menjalankan peran anak usia sekolah,” ujar Vera.

Inilah mengapa anak-anak butuh sekali kandungan vitamin di dalam makanan dan minumannya sehari-sehari. Seperti vitamin C dan E yang merupakan jenis antioksidan baik untuk melindungi si buah hati dengan
melindungi jaringan tubuh.

Sementara vitamin B1, B3 dan B12 mampu membantu pembentukan energi bagi anak untuk menjalankan segala aktivitas di sekolah dan luar sekolah, dan zat besi yang merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk membantu perkembangan kemampuan berpikirnya.

“Selain makanan, ada juga minuman yang bisa mendampingi kegiatan harian anak, namun tetap mengandung vitamin. Sehingga orang tua kini memiliki lebih banyak pilihan untuk asupan minuman yang diberikan kepada anaknya, kini dilengkapi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuhnya”, ujar Andrew Soendjojo, Marketing Manager Minute Maid.

(vem/asp/feb)
KOMENTAR PEMBACA