KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

1001 Manfaat dan Keajaiban Sentuhan Ibu Pada Anak

Selasa, 28 November 2017 13:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Ibu dan anak punya bonding yang kuat/copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ibu berperan penting dalam membangun keluarga melalui sentuhan kasih sayangnya dan mampu membentuk kepribadian seseorang di kemudian hari. Sentuhan ibu nyatanya memberikan banyak manfaat bagi anak-anaknya.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), menjelaskan momen sentuhan ibu memiliki manfaat bagi ibu dan anak untuk membangun hubungan yang mendalam dan mengembangkan diri anak.

Dalam keseharian, sentuhan ibu bisa seperti kontak fisik atau skin to skin, bisa dilakukan ketika anak bangun. “Banyak sentuhan yang dilakukan ibu mulai dari anak bangun, seperti menciumnya, menggendong, hingga bercerita masuk ke dalam sentuhan ibu,” ujar Vera saat ditemui dalam acara pemutaran video Hari ibu dan memperkenalkan rangkaian NIVEA Creme Special Edition untuk meningkatkan kualitas ikatan ibu dan anak, di Senayan City, Jakarta.

Sentuhan ibu penting karena anak bisa merasa terhubung dengan ibu, bonding, serta anak dapat merasa rileks. Sentuhan kasih sayang akan mengeluarkan hormon oksitosin, hormon ini menghasilkan ketenangan yang membuat si kecil siap untuk belajar dan mengontrol emosi.

Nah, psikolog Vera mengatakan jika anak sudah di atas 14 tahun, tentu ia tidak nyaman ketika harus mendapat pelukan, atau ciuman di pipi. Jika sudah seperti itu, mom bisa memberikan sentuhan di punggung atau pundak sambil bercerita kejadian apa saja yang dialami hari ini.

“Sentuhan ibu dan anak juga harus sama sama nyaman agar keluar manfaatnya. Sentuhan banyak momennya seperti bercerita, pasti ada kedekatan fisik. Manfaatnya luar biasa. Kalau mau cerita sama anak remaja, liat moodnya, kalau moodnya jelek sentuh aja dulu di punggung atau pundak,” tuturnya.

Bentuk sentuhan ibu lainnya yang familiar di masyarakat Indonesia adalah dengan membacakan cerita, karena dapat meningkatkan kreativitas anak serta mempererat hubungan ibu anak. Dalam momen bercerita tersebut, ibu bisa menyampaikan pesan-pesan moral yang akan terus diingat oleh anak.

Copyright: Vemale.com


Adapula tiga koleksi buku cerita yaitu ‘Bimbim dan Kebun Bunga Rahasianya’, 'Ayu Sang Idola Hutan’, dan ‘Koko Rangkong yang Pandai Mengayun’, yang terdapat di NIVEA Creme Special Edition berkolaborasi dengan LOBU.
 
“Cerita yang terdapat dalam edisi spesial ini memiliki landasan budi pekerti dengan harapan bisa membentuk karakter yang positif bagi anak- anak. Nilai- nilai seperti persahabatan, kepercayaan diri, dan tidak mudah putus asa penting untuk diajarkan kepada anak- anak sejak dini, di sinilah peran penting ibu dalam perkembangan anaknya,” tutup Panji Cakrasantana, Brand Manager NIVEA Creme PT Beiersdorf Indonesia.

(vem/asp/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Ibu Dan Anak