Sukses

Parenting

4 Akibat Buruk yang Muncul pada Anak Karena Salah Asuh Orangtua

Orangtua zaman sekarang sepertinya lebih sibuk mengurus pekerjaannya dibanding membesarkan anak. Mungkin alasan ini juga yang memicu anak jadi kurang asuhan yang tepat dari orangtua karena perhatian orangtua teralihkan pada pekerjaan. Sayangnya, ada banyak efek tak menyenangkan yang bisa ditimbulkan salah asuh orangtua ini.

1. Tak tahu cara mengeluarkan amarah
Karena kurangnya perhatian dari orangtua, anak jadi tak bisa mengekspresikan diri dengan baik, apalagi mengenai amarah. Anak tak tahu bagaimana mengendalikan emosinya dan mengeluarkan dengan cara yang benar. Pada akhirnya, anak sering tantrum di depan umum atau mencari masalah.

2. Tidak punya skill mengatur uang
Tidak diajarkan menabung, mengenal uang dan mengatur keuangan dari kecil juga berpengaruh besar terhadap cara pandang anak terhadap uang. Jika tak dibiasakan sejak kecil bagaimana mengatur uang, anak bisa jadi individu yang boros dan bahkan terlilit hutang.

Efek buruk kurangnya asuhan orangtua/copyright Pixabay.com

3. Tidak punya sopan santun
Sayangnya, orangtua zaman sekarang lebih individual secara personal. Dan ini mempengaruhi sikap anak terhadap orang lain. Sikap anak sering dibiarkan orangtua, kurangnya didikan dasar moral, toleransi dan hidup bersama terhadap orang lain membuat anak tumbuh jadi pribadi yang tak punya sopan santun.

4. Tidak punya kemandirian
Ada kasus guru memukul muridnya, orangtua bukan memarahi anaknya tapi justru gurunya. Karena seringnya ikut campur orangtua dalam hidup anak, anak jadi tumbuh tidak mandiri dan percaya diri. Ia jadi merasa tergantung, karena merasa punya back up orangtua, mereka jadi bersikap seenaknya sendiri, bahkan bersikap kurang peduli dan ingin menang sendiri.

Itu beberapa efek buruk kurangnya asuhan yang tepat dari orangtua. Banyak orangtua mungkin tak menyadarinya, namun hal ini semakin sering terjadi pada anak zaman sekarang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading